Teknologi Otomotif

Robot T-HR3, Saingan Honda Asimo dari Toyota

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 24 Nov 2017 11:52 WIB
teknologi otomotif
Robot T-HR3, Saingan Honda Asimo dari Toyota
Robot Toyota T-HR3. Carscoops

Jepang: Toyota tidak hanya berfokus terhadap industri otomotif dalam mengembangkan kendaraan bertenaga hidrogen dan listriknya. Baru-baru ini pabrikan mobil asal Jepang telah mengungkapkan pengembangan teknologi terbarunya, dengan membuat robot T-HR3.

Dilansir Autoguide, T-HR3 merupakan 'humanoid robot' generasi ketiga Toyota, yang dirancang khusus untuk membantu tugas manusia baik di rumah, rumah sakit bahkan di luar angkasa.

Bagian yang menarik, Robot Toyota T-HR3 disebut tidak menggunakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), karena dikendalikan oleh alat yang dijuluki Master Maneuvering System.

Sistem ini memungkinkan pergerakan operator direplikasi oleh robot dan 29 bagian tubuh lainnya yang berbeda. Selain itu, T-HR3 bakal memberikan umpan balik kepada operator melalui kursi kontrol.

Selain mereplikasi gerakan manusia yang terikat di kursi kontrol, T-HR3 juga dilengkapi Flexible Joint Control, sehingga memungkinkan robot untuk bersentuhan atau melakukan kontak langsung dengan benda atau lingkungan sekitarnya.

Toyota belum mengatakan apa yang ingin dicapai dengan T-HR3, namun rencananya robot T-HR3 bakal ditampilkan di International Robot Exhibition 2017, yanng berlangsung 29 November sampai 2 Desember mendatang.


(UDA)