Skandal Penipuan Otomotif

Mantan Bos Volkswagen Diseret ke Penjara Gara-Gara Dieselgate

Ekawan Raharja    •    Kamis, 07 Dec 2017 14:05 WIB
volkswagen
Mantan Bos Volkswagen Diseret ke Penjara Gara-Gara Dieselgate
Dieselgate menyeret nama mantan bos Volkswagen di pasar Amerika. Carscoops

Jakarta: Pengadilan di Amerika Serikat akhirnya menjatuhkan hukuman untuk salah satu mantan bos Volkswagen akibat skandal Dieselgate. Oliver Schimdt harus menjalani hukuman penjara selama 7 tahun.

Hakim Sean F. Cox yang memutuskan kalau Schimdt bersalah. Hukuman ini dikarenakan mantan bos Volkswagen tersebut mengakui kesalahannya untuk mengakali peraturan emisi gas buang di Amerika Serikat.

"Anda adalah kunci dari konspirasi untuk menutup masalah pencemaran di konsumen Amerika," ucapnya ketika memutuskan hukuman seperti dikutip dari Carscoops.

Keputusan tersebut tak terlepas dari surat yang dikirimkan oleh Schmidt sehari sebelum persidangan. Isinya berupa pengakuan terhadap kesalahannya.

Dia menjelaskan kalau Volkswagen benar-benar menggunakan perangkat lunak untuk menipu soal emisi gas buang. Hal ini dilakukan sejak 2015.

Putusan ini juga membuat Schmidt jadi orang kedua yang menerima hukuman akibat skandal dieselgate. Sebelumnya sudah ada teknisi mesin Volkswagen, James Liang, yang terbukti bersalah dan dihukum 40 bulan penjara.

Apakah ada bos Volkswagen lainnya yang akan terjerat?


(UDA)