Industri Otomotif

Tiongkok Ingin Stop Jual Mobil Bensin & Solar

Ekawan Raharja    •    Senin, 02 Oct 2017 12:34 WIB
industri otomotif
Tiongkok Ingin Stop Jual Mobil Bensin & Solar
Tiongkok berencana melarang penjualan mobil bermesin bensin dan solar. MTVN/Ekawan

Metrotvnews.com: Pemerintah Tiongkok tampaknya serius untuk mengembangkan pasar mobil listrik di dalam negeri mereka. Bahkan mereka ingin mengentikan penjualan mobil dengan model pembakaran dalam di negeri tirai bambu tersebut.

Dikutip dari Carscoops, pemerintah Tiongkok ingin hentikan penjualan mobil bermesin bensin dan diesel. Tentu saja rencana ini langsung mendapatkan perhatian dari para produsen mobil.

Para produsen ini berharap pemerintah Tiongkok dapat bersabar terlebih dahulu. Paling tidak menunggu hingga pabrikan memperkenalkan secara massif mobil-mobil bertekenologi listrik atau plug-in.

Kemudian pemerintah setempat juga sudah mensosialisasikan target dari program New Energy Vehicle (NEV) untuk 2019. Para produsen mobil diharuskan menjual setidaknya 10 persen mobil ramah lingkungan dari total penjualan per tahun. Kemudian ini target ini akan naik lagi menjadi 12 persen di 2020.

Rencana ini juga mendapatkan perhatian dari para produsen mobil di Tiongkok. Seperti Ford yang menerima arah kebijakan baru pemerintah Tiongkok dan berjanji akan mematuhinya. Kemudian ada pula General Motors yang serupa dengan Ford, dan mereka juga akan meningkatkan fasilitas produksi mobil ramah lingkungan di Tiongkok.


(UDA)