Tips Knowledge

Tips Aman Mengemudi di Jaur Darurat saat Mudik

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 28 May 2018 09:22 WIB
tips knowledge
Tips Aman Mengemudi di Jaur Darurat saat Mudik
Jalur tol fungsional Batang-Semarang siap digunakan mudik. Jasmar

Jakarta: Selain memastikan kendaraan yang kita kemudikan aman, mengemudi di jalur darurat atau tol fungsional butuh konsentrasi yang baik. Agar kendaraan tetap stabil, letakan posisi tangan pada pukul 3 dan 9 atau pukul 10 dan 2.

"Semua dimulai dari diri kita dan kendaraan yang digunakan. Kita harus siap dengan segala kondisi, untuk itu penting mengatur posisi duduk yang benar, karena mudik merupakan perjalanan yang sangat panjang atau long term," beber Instruktur Safety Riding, Didi Hardianto di program Primetime News Metro TV, beberapa waktu lalu.

Selain posisi tangan, posisi kaki juga perlu diperhatikan. Untuk mobil manual, kaki kiri jangan diletakan di atas pedal kopling, biasakan letakan di foot rest. Hanya kaki kanan yang bekerja dan posisinya berada di pedal gas. 

"Setting duduk yang nyaman agar kita bisa melihat jarak pandang maksimal. Biasanya orang hanya melihat satu kendaraan di depannya saja, padahal seharusnya kita bisa melihat empat atau lima kendaraan di depan kita, sehingga bisa mengantisipasi jika terjadi pengereman mendadak dan melihat jalan bergelombang atau berlubang.

Lebih lanjut Didi menjelaskan, apabila pengemudi letih dan tidak konsen lagi dalam mengemudi, tipsnya adalah istirahat agar kondisi tubuh lebih rileks. Kalau terjebak macet dan tidak bisa berhenti, bisa dengan cara makan permen, tujuannya untuk merangasang lidah kita agar tetap konsen dan terjaga (bagi yang tiak berpuaa).

Jangan lupa untuk selalu menggunakan sabuk pengaman, selain berfungsi sebagai pengaman, menggunakan sabuk pengaman membuat kita lebih sigap dalam meakukan manuver, handling dan pengereman.

"Berkendara di jalur darurat atau tol fungsional yang penting dan harus diperhatikan adalah menjaga tekanan angin ban. Isi angin sesuai dengan yang direkomendasikan tiap pabrikan," ucap Didi.


(UDA)