Safety Driving

Sesuaikan Postur Badan dengan Mobil Bawaan

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 04 Apr 2018 07:33 WIB
tips knowledge
Sesuaikan Postur Badan dengan Mobil Bawaan
Atur ketinggian posisi duduk saat membawa mobil berdimensi gambot. Flickr

Jakarta: Melihat ibu-ibu berbadan mungil dengan mobil city car tentu jadi pemandangan biasa. Namun ketika melihat ibu-ibu menggunakan SUV besar macam Toyota Fortuner, sementara dari luar terlihat pengemudinya seolah-olah tenggelam.

Pengemudi terlihat kedodoran karena membawa mobil yang dimensinya besar, walaupun skill mengemudinya cukup apik. Namun sebaiknya perhatikan postur tubuh diri sendiri, sebelum membeli mobil baru, atau memilih mobil yang akan dikendarai.

"Sebaiknya memang disesuaikan, karena ini pasti akan berpengaruh terhadap posisi duduk. Kalau tenggelam, otomatis pandangan ke sekitar mobil tidak maksimal," buka Sony Susmana, dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI).

Jika kondisinya punya mobil besar namun pengemudi berpostur mungil, bisa atur ketinggian joknya. Sayangnya tidak semua mobil punya fitur untuk mengatur ketinggian jok pengemudi, fitur standar hanya reclining dan sliding saja.

"Anda bisa gunakan bantal untuk menunjang posisi duduk agar lebih tinggi. Itu boleh saja dilakukan, asal bantal itu terikat supaya tidak bergeser-geser," lanjutnya beberapa waktu lalu.

Posisi duduk pengemudi yang benar sebaiknya rileks, tidak kaku agar bisa merespon mobil dengan baik. Punggung menempel pada jok, lalu pandangan sekitar luas dan mudah melihat panel instrumen dan menjangkau tombol-tombol.


(UDA)