Mobil Penyelamat

Hagglunds Bandvagn 206, 'Sang Superhero' di Palu

Ekawan Raharja    •    Rabu, 03 Oct 2018 06:51 WIB
mobil unik
Hagglunds Bandvagn 206, 'Sang Superhero' di Palu
PMI gunakan BV206 untuk mengevakuasi korban bencana alam. ANTARA FOTO

Jakarta: Semua kemampuan dan peralatan dikerahkan oleh pemerintah serta berbagai pihak untuk membantu evakuasi korban bencana tsunami di Kota Palu. Bahkan Palang Merah Indonesia harus menerjunkan Hagglunds Bandvagn (BV) 206 untuk membantu proses evakuasi.

BV206 merupakan kendaraan yang dibuat oleh BAE Systems Land Systems Hagglunds AB asal Swedia. Awalnya kendaraan ini diperuntukan untuk kebutuhan militer tentara Swedia.

Hagglunds BV260 merupakan kendaraan jenis All Terrain Vehicle. Kendaraan ini memang diperuntukan melibas kondisi jalanan seperti salju, bebatuan, tanah, lumpur, bahkan menembus air (amphibi).

PMI mendatangkan kendaraan serba guna ini memang untuk mengevakuasi korban yang sulit dijangkau. Mengingat bagian rodanya di desain menggunakan belt layaknya tank.

Di Indonesia, BV260 didatangkan beserta trailer di belakangnya. Total kendaraan ini memiliki panjang 6,9 meter, lebar 1,87 meter, dan tinggi 2,4 meter. Total bobot kendaraan ini mencapai 4.500 kg, 630 kg bagian depan dan 1.610 kg trailernya.

Menilik bagian depan, kendaraanya ini bisa menampung enam orang. Kemudian jantung pacu juga terdapat di bagian depan dengan bekal mesin Ford Cologne V6 2.800 cc bertenaga 132 daya kuda, dan disalurkan melalui transmisi otomatis 4-percepatan milik Mercedes-Benz.

Sedangkan dibagian belakang bisa mengangkut hingga 11 orang. Selain itu trailer dengan moel flat bed ini bisa digunakan juga untuk berbagai kebutuhan seperti ambulan atau juga perlengkapan pemadan kebakaran.

PMI sudah memiliki kendaraan ini sejak lama. Tercatat kendaraan ini pernah juga digunakan di saat bencana gunung merapi di Yogyakarta, banjir di Jakarta, dan berbagai kejadian lainnya.



(UDA)