Mobi Baru

X-Class, Kala Mercedes-Benz Bikin Mobil Pickup

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 19 Jul 2017 09:40 WIB
mercedes-benz
X-Class, Kala Mercedes-Benz Bikin Mobil Pickup
Mercedes-Benz menyasar segmen pickup dengan X-Class. Autoguide

Metrotvnews.com: Tak ingin ketinggalan bermain di segmen pickup, Mercedes-Benz memperkenalkan pickup terbaru sekaligus model pickup pertamanya, yang disebut X-Class. Dikutip dari Autoguide, X-Class didasarkan pada Nissan Navara, namun hadir dengan pemasangan grille dan lampu milik Mercedes.

Meski didasari Nissan Navara, lampu bergaya pabrikan mobil Jerman sudah menempel mulai dari bagian depan, hingga ke bagian belakang, dengan desain yang tipis dan tampilan premium. Termasuk pencahayaan yang dilengkapi LED.

Disebutkan jika X-Class akan tersedia dalam tiga model, yaitu pure, progressive, dan power. Masing-masing model menargetkan demografi yang berbeda. Model pure adalah model yang dirancang dan sebagai pilihan model standar dengan tampilan mobil yang ringan.

Progressive adalah model yang menawarkan didesain menengah, dengan tampilan dan pilihan di atas model Pure. Sedangkan model Power didesain sebagai model yang  paling lengkap dan paling mahal. Sementara untuk beberapa fitur Mercedes mengatakan, bahwa tailgate/pintu bak bisa membuka hingga 90 derajat atau terbuka hingga 180 derajat saat bumper belakang dilepas. Termasuk adanya standard bed lighting dan a high-mounted spot light digunakan untuk menerangi area kargo truk dan stop kontak 12 volt.

Sembilan warna berbeda akan tersedia bersamaan dengan tiga pilihan ukuran pelek yang berbeda pula, mulai dari ukuran 17 inci hingga 19 inci. Pilihan lain yang tersedia adalah jendela geser yang beroperasi secara elektrik. Saat digunakan off-road, X-Class bisa melibas ketinggian air hingga 23 inci air, dan memiliki ground clearance 8 inci dan sudut pandang 30,1 derajat.

Empat mesin dan tiga pilihan transmisi akan tersedia, dimulai dengan V6 diesel 2,3 liter empat silinder kecil yang memiliki tenaga 258 daya kuda. Transmisi yang tersedia mencakup dua otomatis tujuh kecepatan, dan manual enam kecepatan.

Banyak juga teknologi yang digabungkan antara Navara dan X-Class seperti lane-keep assist, active emergency braking, traffic sign recognition, dan kamera 360 derajat. Perubahan lain juga meliputi penggunaan bahan kayu dan kulit mewah sebagai ciri khas Mercedes.

Di bagian depan, X-Class akan menggunakan setup suspensi wishbone ganda sementara bagian belakang menggunakan pegas koil yang terhubung ke as roda belakang. Rencananya X-Class akan dijual di Eropa, Afrika Selatan, Australia, Argentina, dan Brasil.


(UDA)