Industri Otomotif

General Motors Hanya Ingin Pakai Ban dari Karet Alam

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 16 May 2017 10:24 WIB
general motors
General Motors Hanya Ingin Pakai Ban dari Karet Alam
General Motors mengumumkan komitmennya untuk menggunakan ban dari karet alam. Autoguide,

Metrotvnews.com: General Motors (GM) mengumumkan komitmennya untuk menggunakan ban yang terbuat dari karet alam di semua line-up mobilnya. GM berharap langkah ini akan membantu dan mendorong industri untuk mengurangi penebangan hutan.

Dikutip dari Autoguide, pembuat mobil Amerika itu mengatakan, jika pihaknya yakin bahwa sumber ban yang diproduksi menggunakan karet alam memiliki banyak manfaat, baik bagi bisnis dan lingkungan. 

GM menyebutkan, pemberdayaan hutan yang 'hijau' sebagai langkah konkret dalam melestarikan dan memulihkan hutan primer, yang mempunyai fungsi utama sebagai paru-paru dunia serta pengimbang iklim global dan melindungi satwa liar.

Lebih lanjut mereka menjelaskan, menggunakan ban dari bahan karet alam yang berkelanjutan disebut akan meningkatkan hasil dan kualitas karet alam bagi petani, serta mendukung usaha kecil dalam pengolahan bahan bakunya. 

Untuk memuluskan rencananya GM akan bekerja sama dengan pemasok ban, pemerintah, asosiasi industri karet dan LSM lingkungan, guna mendorong keselarasan dan mengurangi kompleksitas rantai pasokan dalam usaha untuk mencari karet alam yang berkelanjutan, yang akan digunakan pada mobilnya.

Tidak hanya itu, mereka juga disebut bakal menggandeng produsen ban seperti Bridgestone, Continental, Goodyear dan Michelin, untuk mengembangkan ban yang sesuai dengan karet alam, sehingga dapat memastikan ketersediaan pasokan.


(UDA)