Frankfurt Motor Show

Rencana Besar Volkswagen Kembangkan Mobil Listrik

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 12 Sep 2017 16:01 WIB
volkswagen
Rencana Besar Volkswagen Kembangkan Mobil Listrik
Volkswagen berencana luncurkan 80 mobil listrik hingga 2025. Carscoops

Metrotvnews.com: Volkswagen Chairman Matthias Muller disebut akan memanfaatkan ajang Frankfurt Motor Show, dengan mengumumkan recana besar perusahaannya untuk meluncurkan lebih dari 80 kendaraan listrik hingga 2025.

Dilaporkan Carscoops, Muller memastikan bahwa "Roadmap E" akan menjadi acuan bagi peluncuran sekitar 50 kendaraan bertenaga baterai-listrik, dan hampir sekitar 30 kendaraan plug-in hibrida.

Ini disebut akan menjadi perubahan besar bagi Volkswagen, dan mereka percaya jika proyeksinya selesai, Volkswagen siap menjual hingga tiga juta kendaraan listrik setiap tahunnya.

Pada 2030 Grup Volkswagen menargetkan bakal memasarkan seluruh jajaran produknya, dengan setiap model tunggal yang memiliki varian listrik, dan menghasilkan sekitar 300 model ramah lingkungan di seluruh merek Grup.

Namun perubahan besar itu tidaklah mudah, untuk itu Volkswagen mengalokasikan investasi sebesar USD23,9 miliar untuk penelitian, pengembangan, dan dukungan e-mobilitas. Ini akan mencakup penciptaan dua platform kendaraan listrik baru, upgrade pabrik, dan pembangunan infrastruktur pengisian.

Investasi tak berhenti di situ, karena Volkswagen mengatakan akan membutuhkan kapasitas baterai berdaya 150 gigawatt setiap tahun, hingga 2025, untuk armada mereka.

Volkswagen mencatat ini setara dengan setidaknya empat gigafaktori, dan telah mendorong produsen mobil tersebut untuk mengeluarkan tender pengadaan lebih dari USD59,7 miliar.


(UDA)