Mobil Listrik

Thailand Sediakan Mobil Berbagi untuk Masyarakatnya

Ekawan Raharja    •    Minggu, 06 Aug 2017 17:30 WIB
toyota
Thailand Sediakan Mobil Berbagi untuk Masyarakatnya
Toyota i_Road akan menjadi contoh untuk proyek mobil berbagi di Thailand. Toyota

Metrotvnews.com: Pemerintah Thailand terus berbenah untuk menghasilkan mobilitas yang efisien dan juga ramah lingkungan. Salah satu kebijakan strategis yang mereka lakukan baru-baru ini menyediakan mobil listrik untuk masyarakatnya.

Pemerintah setempat bukan membagi-bagikan mobil listrik tersebut kepada masyarakat. Namun konsep yang diusung adalah kendaraan berbagi, yang bisa digunakan oleh siapa saja dan dimana saja.

Jadi masyarakat tidak perlu membeli mobil untuk menunjang mobilitas mereka sehari-hari. Mereka bisa memanfaatkan mobil bersama ini hanya dengan membayar sewa THB30 atau berkisar Rp12 ribu untuk 20 menit pertama penggunaan mobil bersama.

Pemerintah Thailand menggunakan Toyota i-Road sebagai proyek utama mobil ini. Nantinya mobil dengan single seater ini akan di sebar di Chulalongkorn University, Bangkok, pada pertengahan tahun depan.

i-Road merupakan mobil listrik dengan tiga roda seperti bemo. Mobil ramah lingkungan ini menggunakan dua motor listrik berdaya 2 kW yang dikombinasikan dengan tiga baterai lithium-ion.

Meski badannya mungil, namun i-Road dapat menempuh jarak 150 kilometer dalam kondisi baterai penuh. Sedangkan kecepatan puncaknya bisa mencapai 60 kilometer per jam.

Nantinya Toyota dan pihak universitas akan melihat bagaimana efektivitas konsep mobil bersama ini. Jika gagasan ini bisa mengurangi kemacetan dan menurunkan angka polusi, maka selanjutnya mobil bersama bakal di sebar di berbagai penjuru kota.

Tentu menarik bagaimana konsep mobil berbagi yang digagas oleh pemerintah Thailand. Jika berhasil, mungkin juga konsep ini bisa diadopsi oleh pemerintah Jakarta untuk menekan angka kemacetan dan juga menurunkan polusi.


(UDA)