Teknologi Otomotif

Jaguar Land Rover Patenkan Teknologi Peramal Cuaca

Ekawan Raharja    •    Kamis, 28 Sep 2017 11:07 WIB
jaguarland rover
Jaguar Land Rover Patenkan Teknologi Peramal Cuaca
Jaguar F-Type sudah meluncur di Indonesia sejak 2016. MTVN/Ekawan

Metrotvnews.com: Jaguar Land Rover (JLR) terus mengembangkan berbagai teknologi untuk meningkatkan kenyamanan saat mengemudi. Inovasi terbaru yang dihadirkan oleh JLR adalah teknologi yang dapat membaca cuaca.

Nantinya teknologi ini akan membuat mobil-mobil besutan JLR bisa menyesuaikan dengan kondisi cuaca. Sehingga penumpang di dalamnya pun diharapkan bisa lebih nyaman.

Nantinya teknologi yang sedang dipatenkan oleh pabrikan asal Inggris ini bisa mengoperasikan secara otomatis sunroof atau kaca jendela. Kemudian pemanas atau pendingin kabin juga bisa disesuaikan, sesuai dengan kondisi di lingkungan sekitar mereka.

Agar mobil ini bisa membaca cuaca di sekitar, mereka tidak menggunakan ramalan cuaca yang ada di internet. Ramalan cuaca yang ada biasanya bersifat lebih umum dan terlalu luas lingkup daerahnya.

JLR menggunakan sensor khusus yang diklaim lebih akurat untuk daerah sekitar. Menurut Dailymail, sensor ini akan membaca kondisi cuaca berdasarkan angin, kelembaban, dan cahaya.

Tidak cuma itu, teknologi yang dikembangkan oleh JLR juga akan terkoneksi dengan beberapa fitur lainnya. Seperti sistem pengereman, traksi kontrol, hingga wiper agar dapat menyesuaikan dengan kondisi lingkungan.

Belum dijelaskan kapan teknologi ini siap diaplikasikan di lini produk JLR. Jadi mari kita tunggu saja.


(UDA)