Teknologi Otomotif

Mazda Patenkan Mesin Bi-Turbo Electric Supercharged

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 23 Aug 2017 14:50 WIB
mazda
Mazda Patenkan Mesin Bi-Turbo Electric Supercharged
RX-Vision Concept disebut akan pakai mesin ini. Autoevolution

Metrotvnews.com: Membaca judulnya barangkali banyak yang bertanya, mesin listrik tapi dengan turbo ganda, kok bisa? Tapi itulah yang dilakukan Mazda. Mereka bahkan sudah mematenkan desain mesin tersebut.

Aplikasi paten itu menampilkan mesin empat silinder yang menggunakan dua turbocharged, yang menjadi satu kesatuan dengan penggerak supercharger. Komponen yang dikontrol secara elektrik, untuk mengatasi turbo lag.

Hal ini membuat mesin tersebut dilengkapi tiga pemampat udara, dan tenaganya mengisi di tiap putaran mesin. Supercharger elektrik ini menjaga tenaga di putaran bawah, dan dua lainnya di putaran atas.

Meski begitu, teknologi ini bukanlah sebuah hal yang benar-benar baru, karena Volvo sudah mengenalkan tiga tahun lalu. Pabrikan Swedia ini mampu meracik mesin bertenaga 450 daya kuda, hanya dari mesin 2.000 cc saja.

Kembali ke Mazda, bagian terbaik mesin ini rencananya akan dipasangkan untuk mobil dengan jenis penggerak roda belakang. Sedangkan mobil yang dimaksud, saat ini baru lewat MX-5, sedangkan model Mazda lainnya masih berpenggerak roda depan.

Apakah MX-5 akan dijejali mesin ini? Rasanya tidak, karena akan over power, kemudian dimensi mobil ini terlalu kecil. Bisa saja pabrikan bermarkas di Hiroshima ini akan memasangkannya pada suksesor RX-8, yang wujud konsepnya sudah muncul sejak beberapa tahun lalu yakni RX-Vision.


(UDA)