Industri otomotif

Nissan Global Sukses Menjual 150 Juta Unit Mobil

Ekawan Raharja    •    Jumat, 22 Sep 2017 19:56 WIB
nissan
Nissan Global Sukses Menjual 150 Juta Unit Mobil
Nissan umumkan penjualannya hingga 150 juta unit mobil selama 84 tahun. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com: Nissan mengumumkan prestasi terbarunya dalam hal penjualan. Pabrikan asal Jepang ini mengumumkan sudah menjual hingga 150 juta unit mobil selama mereka berdiri.

Capaian ini mereka raih setelah 84 tahun berdiri dan meramaikan pasar otomotif dunia. Menurut keterangan resminya, hasil ini dicapai bekat dukungan seluruh stakeholder mereka di seluruh dunia, mulai dari pegawai, dealer, suplier, komunitas, dan tentu saja konsumen Nissan.

Uniknya mereka mencapai performa 100 juta unit penjualan mobil setelah mengarungi 73 tahun pasar otomotif secara global. Tetapi 50 juta unit selanjutnya bisa dicapai dengan singkat yakni dalam waktu 11 tahun.

Jika dipetakan secara geografis, pasar terbesar Nissan masih berada di Jepang dengan 58,9 persen. Kemudian di susul pasar Amerika Serikat dengan 10,8 persen, Meksiko dan Tiongkok sebesar 7,9 persen, dan Inggris sebesar 6,2 persen.

Sayangnya mereka tidak membeberkan mobil-mobil apa saja yang paling laris selama 84 tahun berkiprah. Terlebih Saat ini Nissan juga berafiliasi dengan Infiniti, Datsun, Renault, dan Mitsubishi. Sehingga belum diketahui apakah keempat mereka tersebut juga termasuk di dalam prestasi Nissan.

Berbicara tentang Nissan di Indonesia, merek ini tergabung di bawah grup otomotif Indomobil. Saat ini performa Nissan terbilang kurang cukup baik di Indonesia.

Data Gaikindo periode Januari-Agustus 2017 mencatat Nissan hanya hanya berhasil menjual 11.490 unit. Jika memasukan merek otomotif yang bergabung di Nissan Motor Indonesia, Infiniti dan Datsun, maka performa penjualannya hanya di angka 18.410 unit.

Saat ini merek Nissan berada di peringkat kedelapan menurut data Gaikindo. Mereka tertinggal jauh dari Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, dan Mitsubishi yang bisa menjual mobil lebih banyak.




(UDA)