Industri Otomotif

Pertambangan Menggeliat, Pabrikan Mobil Komersial Genjot Produksi

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 19 Oct 2016 17:05 WIB
industri otomotif
Pertambangan Menggeliat, Pabrikan Mobil Komersial Genjot Produksi
Penjualan kendaraan komersial kembali menggeliat. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Pasar untuk segmen kendaraan komersial kembali bergeliat. Hal ini tidak lepas dari tren positif dari sektor pertambangan (batubara) dan infrastruktur sejak Agustus 2016. Gara-gara situasi tersebut, permintaan kendaraan komersial  yang memang dibutuhkan untuk menunjang sektor tersebut jadi meningkat. 

Untuk mengantisipasi peningkatan permintaan kendaraan komersial, beberapa pabrikan terlihat bersiap dan menggenjot jumlah produksi. Langkah serupa juga dilakukan PT UD Trucks Indonesia dengan meresmikan pabrik perakitan truk model Quester di Plant 2, Sunter, Jakarta, Selasa 18 Oktober.

Menurut Presiden Director UD Trucks Indonesia, Valery Muyard, pembukaan fasilitas perakitan ini memang sebagai upaya lanjutan dari UD Trucks untuk pasar di Indonesia. Dengan menyediakan model heavy duty Quester seri truk skala berat yang diperuntukkan untuk melayani berbagai aplikasi industri seperti pertambangan, konstruksi, dan distribusi.

"Saya berharap perbaikan di sektor pertambangan dan infrastruktur bisa memicu pertumbuhan kendaraan/mobil komersial yang saat ini ikut terpuruk," kata Sales & Promotion Director Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), Santiko Wardoyo, mengatakan kepada Metrotvnews.com beberapa waktu lalu.

Dengan dukungan banyak pihak dan pemerintah, perbaikan di sektor pertambangan dan infrasruktur bisa berefek positif. Setidaknya dapat memicu dan dapat menggariahkan kembali penjualan kendaraan komersial dan industri otomotif nasional.


 


(HIL)