Tips Mobil

Cara Mengisi Angin Ban Mobil yang Dianjurkan

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 17 Nov 2016 09:00 WIB
tips mobil
Cara Mengisi Angin Ban Mobil yang Dianjurkan
Isi angin ban mobil tunggu sampai temperatur normal. Ksoo

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjaga tekanan angin ban (tire pressure) perlu diperhatikan untuk merawat ban mobil Anda. Besar tekanan ban tergantung dari jenis dan tipe ban yang Anda gunakan. Tapi jangan sekali-sekali mengisi angin saat temperatur ban masih tinggi.

Menurut General Manager Marketing & Sales Retail PT Gajah Tunggal (GT) Arijanto Notorahardjo, tekanan ban akan mengalami peningkatan temperatur udara setelah kendaraan digunakan. Oleh sebab itu, Anda harus cermat untuk tidak terburu-buru mengisi angin saat kondisi tersebut.

Temperatur yang tinggi membuat udara panas mengembang dan bisa memberikan informasi tekanan ban yang tidak akurat. "Sebaiknya diamkan dulu beberapa saat hingga suhu ban menurun. Setelah itu baru lakukan pemompaan serta pemeriksaan tekanan ban," sasran Arijanto.

Tekanan ban yang kurang juga dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar kendaraan jadi boros serta merusak dinding samping ban (sidewall). Jika menggunakan ban standar bawaan pabrik mobil, besarnya tekanan yang dianjurkan harus sesuai dengan label info yang tertera/menempel di tiang pintu pengemudi. Atau di posisi lain yang ditunjukan dalam buku manual kendaraan.

Jika mobil Anda menggunakan ban dengan tipe berbeda dan bukan standar bawaan pabrikan mobil, besar tekanan disesuaikan dengan anjuran merek tersebut. Ffek tekanan ban yang berlebih bisa bikin daya cengkram ban berkurang. Tekanan kurang juga bisa bikin ban terkelupas dan bikin umur ban jadi lebih pendek alias tidak awet.

 


(HIL)