Mobil Baru

Jazz Terbaru akan Cangkok mesin 1.000 cc Turbo

Ekawan Raharja    •    Rabu, 05 Oct 2016 12:20 WIB
honda mobil
Jazz Terbaru akan Cangkok mesin 1.000 cc Turbo
Honda Jazz di Eropa berencana dibekali dengan mesin 1.000 cc turbo seperti milik All New Civic. HPM

Metrotvnews.com: Setelah meluncurkan Freed, Honda berencana untuk menghadirkan generasi terbaru Fit atau lebih dikenal dengan Jazz di Indonesia. Rencananya mobil ini akan mengusung mesin 1.000 cc berteknologi turbo.

Bos Honda di Inggris, Phil Webb, menuturkan akan terus melakukan pengembangan produk berdasarkan mesin-mesin yang sudah mereka miliki. Diharapkan konsumen akan memiliki kepuasan dengan banyaknya pilihan untuk produk yang ditawarkan.

"Anda lihat apa yang ada di Jazz, dan anda tak akan pernah tahu akan ada apa selanjutnya," terangnya di Paris Motor Show 2016 dikutip dari AutoExpress.

Jika benar Jazz dibekali dengan mesin kecil tersebut, maka mobil hatchback tersebut bakal menjadi model kedua setelah Civic untuk pasar Eropa. Mesin 1.000 cc Turbo bakal menggantikan 1.500 SOHC i-VTEC yang selama ini digunakan.

Meski hanya 1.000 cc, namun berkat turbo yang digunakan sanggup hentakan tenaga 127 daya kuda (dk) dengan torsi 200 Nm. Tenaga ini jauh lebih besar dari 1.500 SOHC i-VTEC yang hanya semburkan 118 dk dan torsi 145 Nm.

Tentu saja langkah ini harus diambil Honda untuk memenuhi standar emisi di Eropa yang semakin tinggi. Penggunaan mesin berkubikasi besar semakin ditinggalkan untuk mencapai efisiensi dan emisi bahan bakar yang maksimal.

Jika benar ini dilakukan Honda, maka ini akan menyaingi dominasi mesin EcoBoost milik Ford Fiesta 1.000 cc. Tinggal menunggu keputusan, apakah Honda bakal mengaplikasi mesin 3 silinder atau tidak. Pastinya ini bakal jadi tantangan besar jika pabrikan asal Jepang itu melakukannya.


(UDA)