Lalu Lintas

Pantau Kondisi Lalin Melalui CCTV di Jalan

Ekawan Raharja    •    Rabu, 12 Oct 2016 10:39 WIB
sarana lalu lintas
Pantau Kondisi Lalin Melalui CCTV di Jalan
Masyarakat bisa dengan mudah mengakses kamera CCTV di jalan dengan aplikasi NTMC POLRI TV. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat ini beberapa aplikasi sudah dapat memberitahukan mengenai kondisi jalanan, seperti Waze dan Google Map. Tapi untuk memastikan kondisi ril, Anda bisa mengakses kamera CCTV milik Polisi Republik Indonesia (Polri) yang terdapat di beberapa titik

Para pengguna IOS dan Android bisa mengunduh aplikasi NTMC POLRI TV. Di sini masyarakat bisa mengakses kamera CCTV yang tersebar di berbagai daerah, dan memantau kondisi jalanan.

"Di sini masyarakat bisa melihat kondisi jalanan secara real time," ujar Kasubag Audit Keamanan Keselamatan Koprs Lalu Lintas (Korlantas) Polisi Republik Indonesia (Polri), AKBP Heri Purwanto, saat ditemui di Lab School Rawamangun Jakarta.

AKBP Heri Purwanto berujar bahwa aplikasi ini sudah dikembangkan sejak lama. Disebutkan masyarakat bisa dengan mudah mengetahui kondisi jalan, baik kondisi arus lalu lintas hingga cuaca di jalan.

Melalui aplikasi ini, pengguna bisa melihat kondisi jalanan di berbagai daerah, mulai di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sumatera Selatan, Entikong, hingga Lampung. Tak kurang 347 kamera CCTV di area tersebut bisa diakses melalui sentuhan jari.

Tak hanya sekedar mengakses kamera CCTV, aplikasi ini juga dapat menampilkan beragam program kegiatan NTMC melalui Polri Channel dan Polri VoD. Kemudian beberapa saluran radio berita yang bekerja sama dengan NTMC juga dapat diakses melalui aplikasi ini.

Tentunya aplikasi NTMC POLRI TV bisa menjadi refrensi sebelum menentukan jalur berpergian. Selain menghindari macet, aplikasi ini juga bisa memberikan gambaran mengenai jalur yang akan dilalui nantinya.
(UDA)