Komponen Aftermarket

Ban Impor Ogah Mainkan Tipe Standar MPV dan City Car

Ekawan Raharja    •    Jumat, 30 Sep 2016 16:45 WIB
komponen otomotif
Ban Impor <i>Ogah</i> Mainkan Tipe Standar MPV dan City Car
Yokohama membidik pasar mobil premium sebagai sasaran produk mereka. Tiretechnologyinternational

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekarang pasar komponen aftermarket tanah air, khususnya ban, sudah dijejali beragam pemain. Beragam startegi marketing dihadirkan untuk dapat tetap bertahan hidup di Indonesia.

Salah satu strategi yang sering dimainkan produsen komponen otomotif adalah menghindari pasar gemuk. Produsen ban contohnya. Segmen mobil MPV pastinya sangat padat, dengan ragam pilihan menarik dan harga beragam. Sementara di segmen ban premium terbilang cukup lambat siklusnya juga dari sisi target penjualannya tak banyak.

"Inilah alasan kali tak bermain di ban segmen MPV atau city car. Kalau bermain di kelas MPV atau mobil biasa, sudah banyak pemain dan persaingannya sulit. Makanya kami sasar kelas premium, yang secara volume tidak banyak, namun kami bisa bertahan di sana," ujar National Sales Manager PT YHI Indonesia, Unggul Kusumanto, Kamis (29/9/2016) di Batik Kuring Jakarta.

Hal ini yang kemudian membuat penantang Bridgestone dan Toyo ini menghadirkan Advan Fleva V701. Ban untuk keseharian berteknologi balap ini menyasar pengguna mobil premium yang ingin tampil sporty.

Deputy General Manager PT YHI Indonesia, Eka Satria, berujar secara keseluruhan penjualan ban di Indonesia sedang turun. Hal ini terkait kondisi perekonomian Indonesia yang masih stagnan, dan berujung kepada turunnya daya beli masyarakat.

"Kita optimis ekonomi akan lebih baik, dan pertumbuhan kelas menengan semakin baik. Kalau daya beli lebih besar, kemungkinan segmen medium akan meningkat, lebih menjangkau, dan membeli ban," harap Eka Satria.

Bukan hanya Yokohama, beberapa produsen ban impor seperti Pirelli, Hankook, Michelin dan lainnya juga bermain di segmen premium untuk mempertahankan bisnisnya di Indonesia.


(UDA)