Hypercar Listrik

Lamborghini Gandeng Porsche Riset Hypercar Listrik

Ekawan Raharja    •    Selasa, 20 Sep 2016 08:50 WIB
lamborghini
Lamborghini Gandeng Porsche Riset <i>Hypercar</i> Listrik
Vitola nantinya akan meminjam teknologi listrik milik Porsche Mission E. Paul Czyewski

Metrotvnews.com: Lamborghini berencana untuk mengembangkan mobil listrik barunya bernama Vitola. Tapi si Banteng Ngamuk ini takkan melakukannya sendirian lantaran mereka bakal mendapatkan bantuan dari Porsche.

Tentu saja kerja sama ini lumrah dilakukan. Mengingat Lamborghini dan Porsche tergabung di bawah payung yang sama yaitu Volkswagen Group. Nantinya Vitola berencana menggunakan teknologi listrik yang digunakan oleh Porsche Mission E, seperti dikutip dari Autoevolution.

Jika mobil ini menggunakan motor listrik Mission E, dipastikan Vitola akan dirilis setelah Mission E diperkenalkan. Rencananya supercar milik pabrikan Jerman tersebut meluncur di 2020.

Bisa dibilang Vitola hanya mengandalkan motor listrik sebagai sumber tenaganya. Tentu saja sistem ini berbeda dengan Mclaren P1, Porsche 918, Pagani Huayra, ataupun Ferrari LaFerrari yang mengusung sistem hybrid, kombinasi mesin konvensional dan motor listrik.

Teknologi yang diaplikasikan ke Vitola takkan 100 persen sama dengan Mission E. Media otomotif Carbuzz berujar bahwa Lamborghini bakal mengubah beberapa hal, sehingga Vitola diklaim sanggup berakselerasi 0-100 kilometer per jam (kpj) dalam tempo 2,5 detik.

Berbicara soal nama, Vitola memiliki arti cerutu. Sedangkan untuk urusan desain, pabrikan supercar asal Italia ini mempercayakan kepada seniman asal Polandia Paul Czyewski. Kira-kira seperti apa mobilnya? Mari ditunggu saja.


(UDA)