Teknologi Otomotif

Nissan Mulai Tes Mobil Otonom di Tokyo

Ainto Harry Budiawan    •    Sabtu, 28 Oct 2017 15:30 WIB
nissan
Nissan Mulai Tes Mobil Otonom di Tokyo
Infiniti Q50 disematkan banyak sensor dan radar. Nissan

Metrotvnewws.com: Mobil otonom saat ini jadi teknologi paling canggih dari industri otomotif global. Pabrikan mobil berlomba-lomba menciptakan kendaraan yang bisas mengemudi sendiri, dan mengantarkan pemilik ketempat tujuannya.

Nissan bahkan sudah mulai melakukan demonstrasi prototipe otonom teranyar di jalanan umum kota Tokyo, Jepang. Rencananya teknologi ini akan diterapkan Nissan pada mobil produksi tahun 2020 mendatang.

Uji coba teknologi ProPILOT terbaru ini disematkan pada INFINITI Q50 sedan sport. ProPILOT memungkinkan kendaraan beroperasi dengan swakemudi seutuhnya baik di jalan umum, dimulai ketika pengemudi memilih tujuan lewat sistem navigasi, hingga tiba di tempat yang dituju.

Mobil yang diujicobakan, sengaja dipasangkan 12 sonar sensor, 12 kamera, 9 radar sensor, enam pemindai laser dan peta resolusi tinggi. Semuanya untuk menganalisa skenario kompleks secara akurat dan navigasi yang mampu memahami kondisi kota yang ramai, seperti melintasi persimpangan.

"Prototipe terbaru dari ProPILOT menampilkan teknologi yang akan hadir di dunia nyata mulai dari 2020. Demonstrasi ini adalah terobosan terbaru yang inovatif dari Nissan dalam menciptakan kendaraan swakemudi masa depan bagi kita semua," kata Takao Asami, Senior Vice President Nissan Motor Co. Ltd., untuk Research & Advanced Engineering.

Demonstrasi mengiringi peluncuran terbaru dari zero-emission Nissan LEAF, yang dilengkapi dengan teknologi ProPILOT dimana dapat digunakan pada satu lajur di jalan raya. Nissan terus mengembangkan jajaran produk unggulan dengan menyematkan ProPILOT pada Nissan Serena, X-Trail dan Rogue serta akan dihadirkan pada Qashqai di tahun 2018.


(UDA)