Balap Mobil

Indonesia Ingin jadi Penyelenggara Formula E

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 06 Oct 2017 09:40 WIB
balap mobil
Indonesia Ingin jadi Penyelenggara Formula E
Balap Formula E hanya butuh trek 2,1 kilometer. Formula E

Metrotvnews.com, Jakarta: Rio Haryanto resmi melakukan tes resmi Formula E di Spanyol belum lama ini. Ajang balap ramah lingkungan itu saat ini memang mulai naik pamornya. Bahkan membuat Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai badan tertinggi yang membawahi event otomotif nasional, mulai tertarik untuk menggelar balapan itu,

Balapan ini memang menjadi magnet tersendiri, lantaran menggunakan mobil ramah lingkungan. Tak salah jika Porsche resmi mundur dari ajang balap ketahanan Le Mans, kini bersiap untuk ikut Formula E 2019 mendatang. Yang tak kalah penting adalah, peluang Indonesia jadi tuan rumah Formula E.

Hal ini diungkapkan Subhan Aksa, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), di Jakarta Selatan belum lama ini. Hal ini karena Formula E lebih mudah diselenggarakan.

"Balapannya di sirkuit jalanan, di tengah kota. New York yang tak pernah adakan balapan pun ikutan jadi arena balap Formula E. Apalagi ini membawa misi ramah lingkungan," katanya.

IMI sendiri mengaku sudah di approach oleh FIA untuk menjadikan Indonesia salah satu serinya. "Balapannya relatif tak rumit, panjang trek hanya 2,1 kilometer," lanjutnya.

Subhan menambahkan, jika mendapakan kesempatan tersebut ada banyak wilayah yang bisa dipakai. "BSD City bisa, area seputar GBK bisa, nanti tinggal siapkan tembok untuk pembatas sirkuit," pungkasnya.


(UDA)