Balap Mobil

Rio Haryanto Bakal Jajal Mobil Super Formula

Ekawan Raharja    •    Senin, 04 Dec 2017 05:34 WIB
balap mobilrio haryanto
Rio Haryanto Bakal Jajal Mobil Super Formula
Rio Haryanto akan mencoba mobil SUper Formula di Jepang. MTVN/Ekawan Raharja

Jakarta: Meski Rio Haryanto sedang dalam kondisi tidak mengikuti musim balapan, bukan berarti dirinya tidak menyentuh sama sekali mobil balap. Pembalap kebanggan Indonesia ini beberapa kali diundang untuk mencoba beberapa mobil balap, dan terakhir dia akan menjajal mobil Super Formula.

Rio bakal mencoba mobil Super Formula bersama Honda di Sirkuit Suzuki, Jepang, pada 6-7 Desember 2017 waktu setempat. Sejumlah persiapan pun juga sudah dilakukan oleh Rio sebelum uji coba ini, termasuk persiapan fisik.

"Sebelum berangkat ke Jepang, saya selalu menjaga kebugaran fisik termasuk memperkuat otot-otot leher, tangan, hingga kaki," tulis Rio melalui keterangan resminya.

Persiapan tentu harus dilakukan mengingat bagaimana pun juga mobil Super Formula merupakan mobil balap. Bahkan Super Formula adalah kompetisi single-seater tersebesar di Jepang, dan sudah berlangsung sejak 1973.

Mobil balap yang akan disediakan Honda nantinya bakal menggunakan sasis Dallara SF14 yang dikawinkan dengan mesin 2.000 cc turbo 4-silinder segaris. Tenaga yang dihasilkan mencapai 550 daya kuda, dan kecepatan maksimalnya sanggup menyentuh 300 kilometer per jam.

Tak ayal banyak pembalap single-seat yang mencoba balap Super Formula meski hanya dilakukan di Jepang. Karakteristiknya tidak jauh berbeda dengan Formula 2 dianggap bisa menjadi batu loncatan sebelum terjun ke Formula 1.

"Senang rasanya bisa kembali memacu mobil balap di lintasan. Kecepatan mobil Super Formula tidak jauh berbeda dengan mobil Formula 2, sehingga keduanya menjadi pilihan sejumlah pembalap sebelum berlaga di Formula 1," beber Rio.

Pembalap asal Solo, Jawa Tengah, ini tahun depan mengindikasikan bakal kembali terjun ke dunia balap. Sehingga Rio akan memanfaatkan uji coba ini sebagai salah satu evaluasi program balap untuk musim 2018.


(UDA)