Pengetahuan Otomotif

Beda Teknologi Hybrid, Plug-in Hybrid, dan Full Listrik

Ekawan Raharja    •    Jumat, 03 Nov 2017 15:32 WIB
tips knowledge
Beda Teknologi <i>Hybrid, Plug-in Hybrid</i>, dan Full Listrik
Teknologi hybrid, plug-in hybrid, dan full listrik memiliki perbedaan meski ketiganya merujuk untuk mobil listrik. BMW

Metrotvnews.com, Serpong: Sekarang ini mobil listrik terus dikembangkan oleh berbagai produsen mobil, dengan memanfaatkan berbagai macam teknologi. Bahkan sekarang bukanlah hal asing mendengarkan kata-kata hybrid, plug-in hybrid, dan full listrik.

Meski ketiganya merujuk kepada mobil dengan basis tenaga listrik, ternyata ketiga teknologi ini berbeda. Para konsumen yang ingin membeli mobil listrik wajib mengetahui perbedaan ketiganya.

Product Specialist BMW Group Indonesia, Anindya Kumoro, menjelaskan ketiganya sama-sama memanfaatkan motor listrik untuk menyalurkan tenaga untuk mobil. Hanya saja proses yang digunakannya oleh ketiganya berbeda.

Teknologi hybrid memang dilengkapi dengan motor listrik untuk menambah daya mobil. Hanya saja disebutkan kalau tenaga yang dihasilkan hanya bisa untuk kecepatan rendah dan jarak tempuhnya hanya sekitar 5 kilometer.

Sedangkan teknologi plug-in hybrid dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar, dan bisa membuat mobil mencapai kecepatan 125 kilometer per jam hanya dengan motor listrik. Kemudian untuk jarak tempuhnya juga bisa lebih jauh, bisa mencapai 50 kilometer.

"Baik hybrid dan plug-in hybrid masih ditemani dengan mesin konvensional. Hanya saja hybrid masih bergantung dengan mesin konvensionl, mobil tidak bisa bergerak hanya mengandalkan motor listrik. Sedangkan plug-in hybrid bisa menggunakan motor listriknya saja, menggunakan mesin konvensionalnya saja, atau mengkombinasikan keduanya," jelas Anin di BMW Training Center, Serpong, Tangerang Selatan.

Kemudian untuk mobil yang sepenuhnya listrik, 100 persen sudah mengandalkan motor listrik yang dibekali. Kemungkinan ada juga masih menggunakan mesin konvensional, hanya saja fungsinya bukan untuk menggerakan roda mobil tetapi mengisi daya baterai atau generator motor listrik.

Nah sudah tahu beda ketiganya. Jadi kira-kira anda ingin membeli mobil listrik dengan teknologi yang mana?


(UDA)