Mobil Bekas

Penjualan Mobil Bekas Akhir Tahun, Didominasi City Car dan SUV

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 19 Dec 2017 12:35 WIB
mobil bekas
Penjualan Mobil Bekas Akhir Tahun, Didominasi City Car dan SUV
Tren penjualan mobil bekas di penghujung tahun mengalami penurunan. medcom.id/Bagus Rachmanto

Jakarta: Tidak hanya ikut mewarnai indutri otomotif tanah air, kehadiran mobil bekas selalu punya pasar dan konsumennya sendiri. Namun sayangnya penjualan mobil bekas di akhir tahun ini tidak sebaik di penghujung 2016.

"Penjualan Desember lebih bagus dibanding November, tapi dibanding Desember 2016 penjualan ahhir tahun ini menurun sekitar 30 persen," terang Dendy yang akrab disapa Kim, owner Showroom KIM Motor di AXC bursa mobil Summarecon, Bekasi Barat, Jawa Barat, Selasa (19/12/2017).

Hal ini terlihat dari menurunnya jumlah calon pembeli atau konsumen yang ingin membeli mobil ke showroom-nya. Penjualan mobil masih didominasi dari jenis hatback/city car seperti, Honda Jazz dan Toyota Yaris yang menyumbang sekitar 40 persen, dan SUV seperti Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero berkontribusi sekitar 60 persen.

"Biasanya dalam sebulan kami bisa menjual minimal 25 unit. Tapi untuk sekarang dalam sebulan paling banyak hanya 10 unit dan itupun sulit," ungkap Kim.

Menurutnya, hal serupa juga dialami showroom-showroom yang lain. Satu-satunya harapan mereka menjelang akhir tahun. Pada waktu inilah biasanya terjadi peningkatan angka penjualan unit mobil bekas, karena kemungkinan beberapa konseumen ingin menggunakan mobil atau model baru di tahun baru.

"Semoga saja menjelang akhir tahun penjualan lebih baik dari sekarang. Kami juga berharap nantinya kenaikan angka penjualan bisa berlanjut untuk kedepan," harapnya.


(UDA)