Mobil Baru

Kandungan Lokal Wuling Cortez Capai 50 Persen

Ekawan Raharja    •    Senin, 12 Feb 2018 06:46 WIB
mobil baru
Kandungan Lokal Wuling Cortez Capai 50 Persen
Wuling Cortez meramaikan segmen medium MPV di 2018. Wuling Motors

Jakarta: Cortez merupakan produk terbaru dari Wuling Motors Indonesia yang diproduksi di Cikarang, Jawa Barat. Di klaim penggunaan komponen lokal di mobil MPV ini sudah mencapai separuhnya.

Hal ini diakui oleh Brand Manager Wuling Motors Indonesia, Dian Asmahani, bahwa penggunaan komponen lokal Cortez sudah mencapai 50 persen. Capaian ini dinilai sudah baik mengingat pabrik Wuling Motors di Cikarang baru beroperasi 2017, sedangkan merek ini baru eksis sekitar dua tahun.

"Kalau komponen masih kita ambil dari luar, khususnya dari Tiongkok," ujar Dian saat ditemui di Grand Indonesia Jakarta.

Dia memberi contoh salah satu komponen yang masih dipasok adalah transmisi dari Aisin. Bahkan dia berseloroh kalau transmisi i-AMT yang digunakan memang didesain khusus untuk Cortez.

Selain itu ada juga bagian mesin dan sistem kelistrikan yang masih diimpor dari Tiongkok. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan di masa mendatang, nilai kandungan lokal di Cortez akan bertambah.

"Pasti akan bertambah, cuma sampai saat ini belum tahu. Saya yakin nantinya kandungan lokal akan lebih besar di masa mendatang."

Hingga saat ini Wuling Motors Indonesia sudah memiliki dua produk, yakni Confero dan Cortez. Confero yang sudah meluncur sejak 2017, memiliki kandungan lokal mencapai 56 persen.


(UDA)