Industri Otomotif

Jokowi Janji, Regulasi Mobil Listrik Keluar Secepatnya

Ekawan Raharja    •    Kamis, 06 Sep 2018 08:44 WIB
industri otomotifmobil listrik
Jokowi Janji, Regulasi Mobil Listrik Keluar Secepatnya
BMW i8 Roadster di GIIAS 2018. BMW

Jakarta: Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, memberikan angin segar kehadiran regulasi mobil listrik. Dia pun menjanjikan payung hukum untuk mobil ramah lingkungan akan hadir secepatnya

"Masih dalam proses, secepatnya," ujar Jokowi singkat saat seremoni Realisasi 1 Juta Unit Ekspor CBU pada Rabu (5/9/2018) di Tanjung Priok Jakarta.

Dia menjelaskan yang terpenting menurutnya adalah rencana menuju mobil listrik. Perihal ini diakuinya sudah disusun oleh Kementerian Perindustrian.

Di kesempatan yang sama, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mendorong manufaktur-manufaktur otomotif dalam negeri dapat merealisasikan pengembangan low carbon emission vehicle (LCEV) yang telah diprogramkan. Di dalamnya termasuk kendaraan berbasis energi listrik sehingga target pada tahun 2025, sekitar 20 pesen dari kendaraan yang diproduksi di Indonesia adalah produk LCEV sesuai roadmap Industri otomotif yang telah kami tetapkan.

"Untuk mendukung hal tersebut, pemerintah telah menyiapkan usulan berbagai fasilitas insentif yang dapat dimanfaatkan dalam pengembangan industri otomotif," sambutnya dikesempatan yang sama.

Beberapa merek otomotif sudah ancang-ancang untuk menghadirkan mobil listrik di Indonesia.


(UDA)