Pelumas Kendaraan

Produsen Pelumas Manfaatkan Ajang Balap untuk Riset

Ekawan Raharja    •    Rabu, 15 Aug 2018 19:16 WIB
komponen otomotifoli motoroli mobil
Produsen Pelumas Manfaatkan Ajang Balap untuk Riset
Shell menjadi partner tim F1 Ferrari sejak 60 tahun silam. Jerry Andre/Sutton Images

BSD City: Balapan mobil atau sepeda motor sudah menjadi salah satu olahraga yang cukup terkenal belakangan. Cuma di mata industri otomotif, ini juga merupakan laboratorium bagi mereka untuk mengembangkan produk-produk baru.

VP Consumer Brand Helix & Advance PT Shell Indonesia, Shofwatuzzaki, mengakui Shell mengumpulkan data dari ajang balapan mobil dan sepeda motor. Mereka gunakan data tersebut untuk mengembangkan pelumas baru untuk mobil maupun sepeda motor.

"Balapan bagian dari riset pengembangan pelumas untuk mobil maupun sepeda motor," ujar pria yang akrab disapa Zaki Rabu (15/8/2018) di Marunda Bekasi.

Zaki mengambil contoh bahwa Shell sudah bekerja sama dengan Ferrari untuk balapan F1 selama 60 tahun. Di sini mereka sudah melewati lebih dari 500 balapan.

Alasan mereka bertahan begitu lama adalah mencari data dari kinerja mesin yang sangat ekstrim. Mengingat pelumas memiliki tugas melindungi mesin, dan memastikan mesin bekerja maksimal dan tidak awet.

"Kita punya tim kerja sama dengan Ferrari, kita masuk ke dalam timnya Ferrari. Kita buatkan produk spesial buat mereka, mulai dari pelumas mesin, sampai bahan bakarnya."

"Bahkan kita memiliki plant khusus untuk mereka (Ferrari), meski tidak sebesar plant di Marunda," tambah Zaki.

Sebagian teknologi yang digunakan di ajang F1 akhirnya diturunkan untuk diaplikasikan di pelumas kendaraan penumpang. Mulai dari komposisi bahan hingga teknologinya, bisa ditemukan di Shell Advance Ultra dan Helix Ultra.


(UDA)