Mobil Baru

Suzuki All New Ertiga Bakal Pakai Mesin Baru?

Ainto Harry Budiawan    •    Minggu, 15 Apr 2018 07:57 WIB
suzuki mobil
Suzuki All New Ertiga Bakal Pakai Mesin Baru?
All New Ertiga akan gunakan mesin 1.500 cc. Dok. Medcom

Jakarta: Suzuki akan segera merilis All New Ertiga tak lama lagi. Penampakan sosoknya dan desain render mobil ini sudah banyak beredar, meski sosok aslinya sampai saat ini belum terlihat sama sekali.

Tak hanya lebih panjang dan berubah desainnya, kabarnya jantung mekanis yang diusungnya juga berganti. Mesin berkode K14B berkapasitas murni 1.373 cc akan ditanggalkan pada model anyar nanti.

Gantinya adalah mesin milik Suzuki SX4 S-Cross yakni M15A, berkapasitas 1.491 cc. Mesin ini punya output mesin hingga 109 daya kuda, dengan torsi 138 Nm. Mesin ini juga digunakan pada beberapa mobil Suzuki lainnya.

Meski mesin ini tidak benar-benar baru, namun soal efisiensi tak perlu diragukan lagi. Diduga penggantian jenis mesin ini akibat dimensi mobil yang lebih memanjang dan agar performanya tidak kedodoran.

Suzuki Ertiga model serba baru disebut akan rilis pada Kamis besok, pada hari pertama gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Kehadirannya jauh lebih cepat karena diprediksi akanmuncul Agustus mendatang.

Saat ini Ertiga jadi model Low MPV yang penjualannya tak terpengaruh kehadiran Mitsubishi Xpander. Grafis penjualannya justru cenderung naik tipis, sementara pemain Low MPV lain tergerus karena Xpander.


(UDA)