Industri Otomotif

BMW Bantah Terlibat Skandal Emisi Diesel

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 27 Jul 2017 07:23 WIB
bmw
BMW Bantah Terlibat Skandal Emisi Diesel
BMW menyatakan tidak terlibat skandal emisi diesel. Autoguide

Metrotvnews.com: BMW membantah tuduhan sebuah laporan yang menyebutkan bahwa pihaknya terlibat skandal emisi diesel. BMW menanggapi tuduhan tersebut dan mengatakan, bahwa pihaknya tidak memasang perangkat khusus di mobilnya untuk menipu tes emisi.

Media Jerman Der Spiegel memberitakan, untuk melakukan kecurangan tersebut BMW juga berkolusi dengan produsen mobil Jerman lainnya, yakni Volkswagen dand Mercedes-Benz. BMW merilis sebuah pernyataan untuk menanggapi tuduhan tersebut.

"Sebagai prinsip, BMW Group vehicles tidak melakukan manipulasi dan semua sesuai dengan persyaratan hukum masing-masing. Tentu ini juga berlaku untuk kendaraan diesel. Konfirmasi ini diberikan setelah dilakukan investigasi resmi yang relevan di tingkat nasional dan internasional," kata BMW dalam sebuah pernyataan.

Perusahaan asal Jerman itu menjelaskan, model diesel BMW 2017 yang dijual di Amerika Serikat suah disetujui Environmental Protection Agency (EPA) setelah melewati pengujian yang ketat, yang menyimpulkan bahwa mereka sudah mematuhi peraturan yang berlaku.

Di Eropa, BMW menawarkan mobil diesel Euro 5 dengan software yang bisa di-upgrade. Tujuannya untuk mengurangi emisi, karena hasil pengujian menunjukkan polusi yang banyak. Ini berarti adanya perbedaan hasil pengujian tersebut bukan akibat kecurangan dan tidak melanggar peraturan yang ada, atau membantah tuduhan bahwa BMW telah menggunakan perangkat khusus pada mobilnya.

"Grup BMW secara kategoris menolak tuduhan bahwa kendaraan diesel Euro 6 yang dijual oleh perusahaan tidak memberikan perawatan gas buang yang memadai, karena tangki AdBlue yang terlalu kecil. Jadi tidak menarik atau meng-upgrade perangkat lunak mobil penumpang diesel BMW Group Euro 6," kata BMW.


(UDA)