Industri Otomotif

Virus WannaCry Serang Pabrik Honda di Sayama

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 23 Jun 2017 09:40 WIB
honda mobil
Virus WannaCry Serang Pabrik Honda di Sayama
Produksi mobil untuk pasar lokal Jepang sempat berhenti. Techjuice

Metrotvnews.com: Virus WannaCry sempat menghebohkan dunia karena menyerang jaringan komputer secara besar-besaran. Virus ini awalnya menyerang jaringan komputer rumah sakit dan perusahaan-perusahaan besar, kini ikut menyerang pabrikan otomotif. 

Virus yang meminta tebusan bitcoin dan menyandera data-data, sebelumnya sudah menyerang Renault-Nissan. Virus yang merebak di 150 negara ini melumpuhkan pabrikan yang beraliansi ini. 

Produksi pabrik Nissan di Sunderland, Inggris sempat terganggu, begitu pula pabrik Renault di Douai, sebelah Utara Prancis. Kejadian iin berlangsung pada Mei lalu.

Kini virus tersebut menyerang pabrik Honda. Pabrik produksi mobil di Sayama, Jepang ini berhenti total, dan menunda produksi sekitar 1.000 unit mobil. Pabrik ini memproduksi Accord, Odyssey dan Step Wagon.

Juru bicara Honda mengatakan virus ini menyerang sejak Minggi, 18 Juni 2017 lalu dan melumpuhkan jaringan perusahaan tersebut di Jepang, Amerika Utara, Eropa, Cina dan beberapa kawasan lainnya.

Untungnya pabrik mereka di daerah lainnya tak terganggu, produksi di Sayama pun kembali normal pada Selasa, 20 Juni 2017 kemarin. Mobil yang diproduksi khusus untuk dijual di pasar Jepang.


(UDA)