Pemilik Mobil Harus Punya Jaminan Tempat Parkir

LB Ciputri Hutabarat    •    Jumat, 08 Sep 2017 13:57 WIB
mobilpemilik mobil wajib punya garasi
Pemilik Mobil Harus Punya  Jaminan Tempat Parkir
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hdayat. Foto: MTVN/Nur Azizah

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat kembali menyosialisasikan kepemilikian garasi bagi pemilik kendaraan di DKI. Jika tidak memiliki garasi, Djarot bilang boleh menyertakan surat jaminan tempat parkir sewaan.

"(Boleh) Ada jaminan tempat parkir yang disewakan. Kan kontroversial kalau saya bisa beli mobil tapi saya enggak bisa bangun garasi," kata Djarot di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat, 8 September 2017.

Djarot menjelaskan dirinya tidak membatasi jumlah mobil yang dibeli. Dia hanya ingin memastikan setiap mobil yang dibeli memiliki tempat parkir dan tidak mengganggu jalanan.

"Saya tidak membatasi orang beli mobil. Saya minta kalau Anda punya mobil Anda berkewajiban punya garasi dong agar enggak nyusahin tetangganya," jelas dia.

Baca juga: Pemilik Mobil di Jakarta Wajib Punya Garasi

Sebetulnya keharusan memiliki garasi sudah diatur dalam Perda DKI Nomor 5 Tahun 2014. Diakui Djarot sosialisasi Perda ini mandek, sehingga tidak diketahui pasti oleh masyarakat.

"Sekarang terus akan kita sosialisasikan. Makanya sekarang ada Bulan Tertib Trotoar (BTT), saya minta sama pak Andri (Yansah, Kepala Dinas Perhubungan DKI) sosialisasi. Sehingga bulan depan, Oktober, sudah mulai ada penindakan," kata dia.


(MBM)