Teknologi Otomotif

Uber Bakal Bikin Layanan Transportasi Mobil Terbang

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 04 Nov 2016 10:39 WIB
teknologi otomotif
Uber Bakal Bikin Layanan Transportasi Mobil Terbang
Layanan transportasi mobil terbang. Autoguide

Metrotvnews.com: Layanan transportasi Uber berencana membuat terobosan. Tak tanggung-tanggung, mereka sedang menyiapkan penggunaan mobil terbang pada masa depan. Perusahaan transportasi baru bernama Uber Elevate telah disiapkan untuk menangani layanan tersebut.  

Uber Elevate mengklaim, jaringan mobil terbang yang dapat lepas landas dan mendarat secara vertikal bisa mengurangi kemacetan transportasi darat. Namun, Uber tidak akan membangun manufaktur mobil terbang tersebut.

Untuk mewujudkan mimpinya, Uber akan membangun kemitraan dengan perusahaan produsen mobil. Bahkan, beberapa perusahaan yang sedang mengembangkan mobill terbang konsep sudah dilirik Uber. D iantaranya Zee.Aero, Joby Aviation, eHang, dan Terrafugia.

MIT Technology Review memperkirakan, teknologi ini sudah mulai diterapkan pada lima tahun mendatang. Namun sebelum teknologi itu diluncurkan, Uber harus lebih dulu menghadapi sejumlah rintangan seperti teknologi baterai, efisiensi dan performa kendaraan, serta kehandalan.

Biaya dan keterjangkauan, keamanan, kebisingan pesawat, emisi, lepas landas dan infrastruktur mendarat, pelatihan pilot, kontrol lalu lintas udara, serta proses sertifikasi juga menjadi masalah lainnya yang harus segera dibenahi Uber.

Satu hal yang paling dicermati MIT Technology Review adalah masalah regulasi/peraturan. Sebab, lepas landas dan pendaratan vertikal pesawat sangat jarang digunakan di luar operasi militer. Pesawat tanpa awak atau drone juga telah menghadapi rintangan untuk kontrol lalu lintas udara.


(HIL)