Mobil Baru

Mercedes-Benz A Class Hadang Audi A3

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 27 Jul 2018 09:00 WIB
mercedes-benzmobil baru
Mercedes-Benz A Class Hadang Audi A3
Mercedes-Benz A-Class 2019 tampil dengan bodi yang lebih kecil. Carsccoops

Amerika Serikat: Sebagai pemain lama di kelas mobil premium, Mercedes-Benz terus memperluas dan mengembangkan pasarnya di seluruh negara. Terbaru adalah produsen mobil asal Jerman itu memperkenalkan sedan A-Class untuk pasar Amerika utara.

Diketahui, Mercedes-Benz juga telah memperkenalkan varian baru dalam bentuk wheelbase panjang untuk pasar Tiongkok, dan model hatchback untuk pasar Eropa. 

Kali ini berbeda, Mercedes-Benz melahirkan sedan A-Class dengan standar wheelbase baru yang kehadirannya sejajar dengan coupe empat pintu CLA, dan di bawah sedan C-Class yang lebih besar.

Menurut Mercedes-Benz sedan, A-Class ini memiliki wheelbase yang lebih pendek dan bodi yang lebih aerodinamis, kehadirannya disebut akan menjadi pesaing langsung Audi A3 yang sama-sama mengincar pasar Amerika Serikat (AS). 

Sedan mewah subkompak ini menampilkan sistem infotainment MBUX terbaru dan serangkaian sistem bantuan dan keamanan pengemudi, termasuk kontrol cruise yang diaktifkan GPS, pengereman darurat, dan bantuan perubahan jalur. Tadinya fitur ini hanya tersedia di sedan berbadan besar Mercedez-Benz, tetapi sekarang dapat ditemukan di versi sedan kecilnya.

Sedan A-Class untuk pasar AS akan bermain di kelas mesin 2.0 liter turbo yang menghasilkan 188 daya kuda dan torsi 221 lb ft, dikawinkan dengan transmisi kopling ganda tujuh kecepatan baik untuk penggerak depan atau all-wheel drive, yang dapat ditemukan di model A220.

Sedangkan A-Class yang ditawarkan di luar AS berkiblat pada model A200 berkapsitas tenaga 163 daya kuda dan torsi 184 lb ft. Selain itu akan tersedia pula mesin versi A180d dengan tenaga 116 daya kuda dan torsi 192 lb ft.

Model yang berbeda itu juga akan diproduksi di pabrik berbeda untuk pasar yang berbeda. Versi Amerika Utara akan dibangun di pabrik COMPAS, yang dibangun Daimler bersama dengan Aliansi Renault-Nissan di Aguascalientes, Meksiko.

Sementara untuk pasar Eropa, hatcback akan diproduksi di Rastatt, Jerman. Dan versi wheelbase panjang untuk Tiongkok akan dibangun oleh perusahaan patungan dengan BAIC di Beijing. 


(UDA)