Arus Mudik Lebaran

Puncak Arus Mudik Idul Adha Diperkirakan Hari Ini

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 09 Sep 2016 07:34 WIB
lalu lintas
Puncak Arus Mudik Idul Adha Diperkirakan Hari Ini
Volume kendaraan diperkirakan meningkat saat arus mudik lebaran Idul Adha 2016. Dok. MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Jasa Marga memprediksi volume lalu lintas (lalin) menjelang Idul Adha akan meningkat secara signifikan. Acuannya akan terlihat di beberapa gerbang tol, seperti gerbang tol Cikarang Utama, gerbang tol Karang Tengah dan gerbang tol Cibubur Utama.

"Puncak arus mudik kendaraan yang berangkat ke luar kota melalui gerbang tol Cikarang Utama, diperkirakan Jumat, 9 September 2016," kata AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru, melalui keterangan persnya.

Saat puncak arus mudik, peningkatan volume kendaraan diperkirakan mencapai 27,95 persen atau sekitar 100.716 kendaraan, naik jika dibanding kondisi normal. Sedangkan untuk puncak arus balik, Jasa Marga memprediksi bakal terjadi pada Senin, 12 September 2016. Dengan peningkatan jumlah kendaraan mencapai 23,80 persen atau sekitar 98.259 kendaraan.

Untuk pengamanan jalan tol, pihak Jasa Marga telah berkoordinasi dengan kepolisian dan menyiapkan 3.500 personel gabungan, terdiri atas anggota Polda Metro Jaya, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan dan TNI.

Dwimawan mengimbau, untuk tetap menjaga keamanan, kenyamanan dan kelancaran berlalu lintas, bagi pengguna E-Toll Card agar memastikan kecukupan saldonya, sebelum memasuki ruas tol yang terintegrasi.

Sementara untuk mempercepat dan mempermudah transaksi tunai, siapkan uang pas dengan tarif, Cikarang Utama-Palimanan Rp109.500 (Gol 1), Palimanan-Brebes Timur Rp55.500 (Go 1), dan Cileunyi-Palimanan Rp143.000 (Gol 1). Untuk mendapatkan informasi terkini jalan tol, masyarakat dapat menghubungi di call center 14080.


(UDA)