Industri Otomotif

Segmen Komersil Mulai Membaik, Penting Perbaiki Layanan

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 30 Sep 2016 09:23 WIB
hino
Segmen Komersil Mulai Membaik, Penting Perbaiki Layanan
Lewat dealer 3S barunya, penjualan di Aceh diharapkan semakin baik. HMSI

Metrotvnews.com, Aceh: Segmen mobil komersil yang mulai membaik, memang masih belum menutup penurunan permintaan yang ada. Tapi penting dilakukan trik-trik awal, untuk menjaga momen membaiknya daya beli masyarakat akan mobil di segmen komersil ini.

Layanan yang paling mudah dan sering dilakukan adalah menambah jaringan dealer di kota-kota yang potensial. Kemudian juga melakukan upgrade layanan dari hanya penjualan, menjadi servis dan spare-part. Sehingga konsep 1 stop shopping bisa tercapai.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Hino di Aceh Besar, provinsi Aceh. Mereka meng-upgrade dealer Indomobil Prima Niaga yang sebelumnya melayani penjualan saja (1S), menjadi penjualan, perawatan dan sparepart (3S) karena meningkatnya kebutuhan di wilayah paling barat Indonesia itu pada Kamis (29/9/2016).

Berbicara mengenai pasar, brand Jepang ini mencatatkan hasil penjualan yang positif selama semester pertama 2016. Segmen medium duty truck tetap memimpin pasar dengan market share sebesar 71 persen.

"Outlet 3S ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat akan kendaraan komersial. Potensi pasar disini sangat penting karena ada banyak industri gas alam, minyak, semen, pertanian dan perkebunan," papar Presiden Direktur PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI), Hiroo Kayanoki.

Jaringan terbaru Hino ini memiliki lahan seluas 5.605 m2 dengan bangunan sebesar  1.535 m2, dengan empat bay servis. Beralamat lengkap di Jalan Soekarno Hatta, Lampeuneurut Aceh Besar, Propinsi Aceh.

Tak hanya Hino, pemain mobil komersil lain seperti Fuso, Isuzu, FAW dan yang segmen mobil komersil kecil, yang dimainkan Tata Motors, juga melakukan hal serupa. Ini seperti sudah menjadi alur dan kewajiban untuk bertahan di pasar nasional.


(UDA)