Mobil Terbang PAL-V Liberty Siap Dijual di 2018

M. Bagus Rachmanto    •    Minggu, 28 Aug 2016 09:18 WIB
mobil terbang
Mobil Terbang  PAL-V Liberty Siap Dijual di 2018
PAL-V Liberty Limited Pioneer Edition. Autoguide

Metrotvnews.com: Mobil terbang tak lama lagi bakal terlihat di pasaran. Dalam keterangan resmi VP Sales di North America, Mark Jennings-Bates mengatakan, siap memasarkan mobil terbang PAL-V Liberty Limited Pioneer Edition di Amerika mulai 2018.

Prototipe ini telah berhasil lulus uji terbang untuk pertama kalinya pada 2014, dan membuktikan bahwa PAL-V bisa membuat mobil terbang sesuai dengan peraturan yang ditetapkan, baik untuk di udara dan jalan raya. Sertifikasi pertamanya akan dilakukan di Eropa, kemudian dilanjutkan di Amerika.

PAL-V Liberty memiliki kapasitas maksimal penumpang dua orang, dengan posisi jok berdampingan. Untuk urusan mesin, perusahaan tidak merinci secara detail, hanya mengatakan didasarkan pada mesin pesawat bersertifikat dari produsen terkemuka. Tenaga yang dihasilkan diklaim mencapai 200 daya kuda dan dapat mendorong Liberty hingga kecepatan 169 km per jam di jalan, dan 97 knot (180 km per jam) di udara.

Prototipe yang telihat seperti sebuah helikopter kecil dengan baling-baling kecil serta mesin pendorong ini memiliki kecepatan minimum lepas landas 50 km per jam, dengan panjang landasan pacu sekitar 540 kaki dan 100 kaki untuk mendarat. Sementara, di udara PAL-V Liberty diklaim punya daya jangkau sekitar 220-250 mil.

Perusahaan juga mengklaim, bahwa model ini lebih mudah dan aman untuk diterbangkan, karena tidak dapat jatuh diterpa angin encang. Bahkan dikatakan PAL-V hanya mengalami 20 persen turbulensi udara, dan sudah memenuhi lisensi khusus. Sebelum dipasarkan, mobil ini sudah melalui 30 jam - 40 jam penerbangan singkat untuk dipasarkan.

PAL-V bisa melakukan sprint dari 0 hingga 100 km per jam di bawah 10 detik. Mobil ini membutuhkan waktu untuk bertransformasi dari mode terbang ke mode mengemudi hanya dalam waktu 5-10 menit.

Untuk tahap awal perusahaan baru akan menjual sebanyak 25 unit di Amerika, dengan banderol harga USD599 ribu (sekitar Rp8,3 miliar). Tertarik?
(UDA)