Mobil Listrik

Tiga Tahun Lagi, Sokon Main Mobil Listrik

Ahmad Garuda    •    Kamis, 21 Dec 2017 19:42 WIB
mobil listriksokon
Tiga Tahun Lagi, Sokon Main Mobil Listrik
Sokon siap main mobil listrik di 2020. medcom.id/Ahmad Garuda

Banten: Dongfeng Sokon melalui PT Sokonindo Automobiles tak hanya memberikan kejutan di pasar otomotif nasional dengan membuka pabrik. Tapi juga memberikan kejutan dengan menyatakan kesiapan bermain mobil listrik 3 tahun ke depan.

Tentunya ini menjadi bahan menarik untuk dibahas. Mengingat pabrikan asal Tiongkok tersebut baru memijakkan kaki di Indonesia dan langsung berbicara tentang mobil listrik serta teknologinya.

"Soal teknologi mobil listrik, pabrik kami di Amerika sudah melakukan riset secara intens. Mereka sudah punya standar sendiri untuk mengaplikasikan konfigurasi mesin yang tepat untuk mobil ini. Bagian yang paling sulit di mobil listrik itu kan bukan motor listriknya, tapi teknologi baterainya. Kalau ini sudah selesai, maka kami juga akan siap memainkan mobil listrik di pasar nasional," klaim Co-CEO PT Sokonindo Automobiles, Alexander Barus kepada medcom.id beberapa waktu lalu.

Tentang berapa lama lagi mereka bakal memainkan segmen mobil listrik, Alex mengklaim waktu sekitar tiga tahun kedepan. Ini tentunya bukan waktu yang cukup lama. Apalagi mereka mengandalkan proses riset yang dilakukan oleh Sokon di Amerika.

"Dari sisi kesiapan pabrik, kami masih belum bisa angkat bicara. Karena untuk mesin konvensional saja masih akan kami impor. Termasuk juga nanti kalau era mobil listrik sudah berjalan di Indonesia. Tapi pengecekan kontrol kualitas akan tetap kami lakukan sebelum dipasarkan dan menggunakan kontrol kualitas dari Jepang. Jadi produk yang kami pasarkan di Indonesia bukan produk yang murahan."

Lalu seperti apa nanti mobil listrik yang bakal mereka produksi untuk pasar nasional? pastinya menarik untuk ditunggu.


(UDA)