Teknologi Otomotif

Hyundai Bikin Airbag di Panoramic Sunroof

M. Bagus Rachmanto    •    Minggu, 07 Jan 2018 18:08 WIB
teknologi otomotifhyundai
Hyundai Bikin <i>Airbag</i> di <i>Panoramic Sunroof</i>
Hyundai bakal aplikasikan airbag sunroof pada mobilnya. Autoguide

Korea: Panoramic sunroof telah menjadi fitur yang banyak digunakan di mobil keluaran terbaru. Namun keberadaannya dianggap berbahaya apabila terjadi kecelakaan. Untuk itu Hyundai bermaksud menjawab masalah tersebut dengan menghadirkan airbag di atap kaca tersebut.

Dilansir dari Carscoops, produsen mobil Korea Selatan tersebut, baru-baru ini mengumumkan fitur keselamatan airbag/kantong udara yang diletakkan di panoramic sunroof. Tambahan fitur keselamatan ini diklaim menjadi yang pertama kali diaplikasikan.

Dalam pengaplikasiannya, Hyundai bakal memasangkan airbag/kantung ke dalam mekanisme sunroof dari atap kaca yang tembus pandang. Jika sensor on-board mendeteksi kendaraan berguling ketika terjasi kecelakaan, maka kantung udara akan terbuka.

Dikatakan, saat terjadi kecelakaan kantung udara tersebut akan membuka dari bagian belakang ke arah depan, dan menutupi permukaan atap secara keseluruhan dalam waktu 0,08 detik.

Hyundai mengklaim, bahwa sistem airbag sunroof buatannya dapat mencegah penumpang terlempar keluar akibat kecelakaan yang mneyebabkan mobil berguling, sehingga dapat mengurangi risiko luka serius.

Sayangnya, belum ada pernyataan resmi tentang kapan mereka bakal mewujudkannya pada mobil yang diproduksinya.


(UDA)