Balap Mobil

Aksi Rio Haryanto Belum Maksimal di Tes Formula Super

Ekawan Raharja    •    Jumat, 08 Dec 2017 13:17 WIB
balap mobil
Aksi Rio Haryanto Belum Maksimal di Tes Formula Super
Rio Haryanto akan melakukan uji coba mobil Super Formula. RH

Suzuka: Rio Haryanto saat ini sedang berada di Jepang untuk mencoba mobil Super Formula. Tentu pembalap kebanggan Indonesia ini memiliki penilaian tersendiri untuk mobil single-seat tersebut setelah setahun lebih absen dari dunia balap.

Rio Haryanto mendapatkan kesempatan dari Honda untuk mengendarai Dallara SF14 bermesin HR-417E. Menurutnya mobil tersebut memiliki kemampuan yang mirip dengan mobil-mobil di Formula One (F1).

"Kecepatan mobil Super Formula mendekati F1 dan Suzuka adalah sirkuit baru bagi saya. Perlahan-lahan saya pun terus memperbaiki catatan waktu di atas ban medium," cerita Rio melalui keterangan resminya.

Rio mendapatkan kesempatan menjajal mobil balap tersebut pada 6-7 Desember 2017 dengan total waktu 480 menit. Sayangnya di hari pertama, pembalap asal Solo ini hanya menghabiskan 80 menit untuk melahap 21 lap.

Setelah mengubah setelan ride height dengan ban medium, mobil melindas sebuah bump dan mengalami oversteer di tikungan Dunlop ke kiri yang menanjak dan kencang.
 
Rio mencoba mengoreksi oversteer tersebut tapi kemudian mobil sudah berada di tepi lintasan hingga akhirnya terhenti di gravel.

“Sayangnya, saya tidak mendapat kesempatan mencoba ban soft yang lebih kencang. Sebagai bagian dari eksperimen, setelan mobil sempat diubah hingga akhirnya saya mengalami oversteer di tikungan Dunlop dan sesi tes saya pun berakhir lebih awal."

Meski demikian Rio tetap bersyukur masih mendapatkan kesempatan untuk mencicipi mobil Super Formula. Mengingat hasil uji coba ini akan digunakan oleh Rio sebagai bahan evaluasi dia sebelum kembali ke kancah balap musim depan.

"Setelah sekitar satu setengah tahun tidak memacu mobil yang mampu melampaui kecepatan 300 km/jam, tes Super Formula ini sangat penting untuk evaluasi musim balap tahun depan," tutup Rio.


(UDA)