Komponen Aftermarket

Alcoal Wheel, Pelek Truk dan Bus Asal Amerika Serikat

Ahmad Garuda    •    Rabu, 07 Mar 2018 14:02 WIB
komponen otomotifkomponen aftermarket
Alcoal Wheel, Pelek Truk dan Bus Asal Amerika Serikat
Alcoal Wheel tawarkan komponen pelek bus dan truk yang lebih kuat dan lebih baik. medcom.id/Ekawan Raharja

Jakarta: Produsen pelek kendaraan penumpang mungkin sudah lazim didengar. Coba Anda sebutkan pelek untuk kendaraan komersial berat seperti truk dan bus? Alcoal Wheel mungkin salah satu yang hadir berbeda dengan menawarkan pelek khusus kendaraan komersial berdimensi besar.

Direktur PT Panduan Goedi Sinar Indonesia, Amstrong Mia, menjelaskan kalau Alcoal Wheels merupakan produsen pelek asal Amerika Serikat. Sedangkan untuk produksi pelek kendaraan komersial ini ada di dua negara, yaitu Amerika Serikat dan Hongaria.

"Kita impor dari Hongaria karena pengiriman lebih singkat," buka Amstrong beberapa waktu lalu kepada Medcom.id.

Pria ramah ini menjelaskan kalau antara pelek kendaraan penumpang dan kendaraan komersial memiliki kualitas berbeda. Hal in tidak terlepas dari cara pembuatan dan campuran alumunium yang digunakan juga berbeda.

"Kalau kendaraan penumpang mereka tidak membutuhkan uji fisik yang sangat kuat karena untuk penumpang. Kecuali untuk supercar dan kendaraan komersial dia harus melalui proses tempa, bukan cor," sambungnya.

"Material juga jauh berbeda, material untuk tempa berbeda dengan material untuk di cor. Iya alumunium, panduan alumuniumnya berbeda, jadi campuran kimianya berbeda."

Amstrong menjelaskan Alcoal Wheels memiliki keunggulan lebih ringan, lebih kuat, lebih estetik, dan lebih kinclong. Hal ini yang kemudian membuat pelek asal Paman Sam ini banyak digunakan bus-bus pariwisata.

Untuk Alcoal Wheel secara global menyediakan beragam ukuran, mulai dari 16 inch, 17,5 inch, 19,5 inch, dan 22,5 inch. Sedangkan yang dipasarkan untuk Indonesia hanya ukuran 22,5 inci karena terkait regulasi SNI.

PT Panduan Goedi Sinar Indonesia sebagai distributor Alcoal Wheels di Indonesia membanderol pelek produksi mereka dengan kisaran harga Rp4 juta per unitnya. Kemudian mereka juga memberikan garansi selama lima tahun sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.


(UDA)