Kontes Irit BBM

Dua Supir Truk ini Wakili Indonesia di Volvo Fuelwatch Challenge

Ahmad Garuda    •    Rabu, 17 May 2017 18:25 WIB
volvo
Dua Supir Truk ini Wakili Indonesia di Volvo Fuelwatch Challenge
Dua supir truk asal Indonesia jadi wakil Volvo Fuelwatch Challenge di Swedia. Volvo

Metrotvnews.com, Tangerang: Program global Volvo Trucks yaitu Fuel Watch, kembali berlangsung. Kali ini di zona regional Asia Pacific dan finalnya bakal beradu di Swedia. Dua supir truk asal Indonesia yaitu Moh Faktur Rohman dan Angel Karapang, bakal mewakili Indonesia ke Swedia.

Tahun ini adalah tahun ke-7 penyelenggaraan tantangan adu irit bagi para pengemudinya, Fuelwatch Challenge 2017. Kedua pemenang tersebut telah terpilih dari 5 finalis di ajang final nasional di area Paramount Land, Bumi Serpong Damai ini, mempati posisi puncak di segmen Off-road dan On-road.

Kejuaraan yang diawali dengan serangkaian kompetisi nasional menarik di seluruh wilayah Indonesia berlangsung sejak Februari 2017. Ada 7 lokasi pemilihan setiap di Indonesia dan peserta diuji sikap keterampilan dan disiplin dalam menangani truk. Kompetisi ini juga untuk menilai para peserta menampilkan kemampuan berkendara hemat bahan bakar serta mengemudi truk.

“Setiap tahunnya, penyelenggaraan acara Volvo Trucks Fuelwatch merupakan acara yang ditunggu-tunggu para pengemudi truk seluruh dunia. Tahun ini, kami mempersiapkan para pengemudi dengan keterampilan dan training yang lebih intensif lagi untuk mengatasi tantangan pertandingan di ajang Asia Pacific, September mendatang,” ujar Direktur Marketing Volvo Trucks Indonesia, Jurn Terpstra.

Kompetisi Fuelwatch terbagi menjadi 2 kelompok; yakni kejuaraan On-Road dan Off-Road. Pada babak penyisihan kejuaraan On-road yang dilaksanakan di track aspal sepanjang 8.25 km (1 lap= 2,7 km), Moh Faktur Rohman dapat menghemat bahan bakar 1,4% dibandingkan dengan lawannya. Sementara Angel Karapang mampu menghemat bahan bakar di medan Off-road 3 km (1 lap= 1 km) menghemat 23% dibanding lawannya.

Metode pengukuran dilakukan dengan alat Dynafleet. Sistem ini merupakan pengukuran fleet management yang memang sudah terintegrasi di mobil-mobil truk Volvo. Sistem ini bekerja berdasarkan 4 kategori utama. Yaitu pengereman, adaptasi kecepatan, penggunaan gear, mesin dan dalam keadaan diam.

Data tersebut apabila diolah dengan benar dapat menunjukkan area khusus untuk perkembangan lebih lanjut, sehingga mengurangi penggunaan bahan bakar di setiap kendaraan.    

Seperti layaknya para peserta yang lolos dalam kejuaraan Fuelwatch, baik di babak final maupun penyisihan, mereka akan otomatis menjadi duta dari misi Volvo Trucks. Misi dari Fuelwatch adalah untuk berbagi pengetahuan teknis dan prinsip-prinsip mengemudi hemat bahan bakar pun dibagi dengan rekan-rekan mereka.

Tahun ini, lebih dari 17,000 peserta dari Asia Pacific mengikuti acara Fuelwatch, dan secara otomatis mereka memiliki kemampuan lebih baik dalam mengemudi truk.

Melalui kompetisi Fuelwatch, misi Volvo Trucks untuk mewujudkan pengemudi yang lebih handal dan memiliki ketrampilan untuk meningkatkan performa truk agar lebih efisien akan semakin cepat terwujud.


(UDA)