Industri Otomotif

Perkuat Brand, Target Mitsubishi untuk Mobil Penumpang

Ekawan Raharja    •    Kamis, 08 Jun 2017 15:00 WIB
mitsubishi
Perkuat <i>Brand</i>, Target Mitsubishi untuk Mobil Penumpang
Mitsubishi terus memperkuat brand image mereka, khususnya di sektor kendaraan penumpang. MTVN/Ekawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Pasar otomotif tanah air saat ini terbilang sangat padat. Sekitar 34 merek, baik kendaraan penumpang dan kendaraan komersial, menyesaki pasar yang berada di kisaran satu juta unit.

Para agen pemegang merek (APM) tentu melancarkan berbagai strategi untuk menarik minat pemilik konsumen. Salah satu yang strategi yang dilakukan adalah memperkuat brand image di masyarakat.

"Masyarakat Indonesia masih mempertimbangkan merek sebelum memilih mobil," ucap Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Kyoya Kondo, Rabu (7/6/2017) di Scenic Jakarta.

Presiden Direktur MMKSI Kyoya Kondo. MTVN/Ekawan Raharja

Pria nomor satu di Mitsubishi Indonesia tersebut menjelaskan brand image Mitsubishi di Indonesia terkenal dengan kendaraan berukuran besar, khususnya kendaraan komersial. Sehingga mereka akan terus meningkatkan brand image kendaraan penumpang geng Pulomas tersebut.

Terlebih Mitsubishi akan masuk ke segmen paling gemuk di Indonesia, yakni low multi purpose vehicle (LMPV). Segmen ini menguasai pasar otomotif Indonesia mencapai 23,9 persen dari total pasar 2016 yakni 1.061.015 unit.

Mitsubishi XM Concept yang akan meluncur pada Agustus 2017, atau tepatnya di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, akan mencoba merusak dominasi Honda Mobilio, Toyota Avanza, atau Daihatsu Xenia di segmen LMPV. Mobil LMPV dengan cita rasa sport utility vehicle (SUV) tersebut diharapkan dapat meraup 20 persen share market di segmen LMPV.

Mitsubishi XM Concept MTVN/Ekawan Raharja

"Kita ini penantang, dan kita akui ini akan menantang untuk mencapai target XM Concept," tambah pria asal Jepang tersebut.

XM Concept tidak akan masuk sendirian, karena Wuling juga menyiapkan Confero S untuk bermain di segmen LMPV. Mobil ini juga akan mulai dipasarkan pada kuartal ketiga 2017.

Merek berlogo tiga berlian tentu tidak diam saja agar target yang dibebankan kepada XM Concept bisa tecapai. Beberapa strategi marketing dilakukan, baik memperkuat branding dan juga meningkatkan layanan purna jual menjadi persiapan Mitsubishi saat ini.


Peresmian dealer Mitsubishi di Cakung. MTVN/Ekawan Raharja

Kegiatan branding bisa dilihat dari gencarnya mereka melakukan pameran di pusat-pusat hiburan di beberapa kota. Sembari sosialisasi XM Concept, saudara Nissan dan Renault ini juga terus memperkenalkan lini produk yang dimiliki MMKSI.

Selain itu agresifitas pembangunan dealer juga dilakukan. Mereka ingin memastikan bahwa layanan purna jual Mitsubishi mudah di akses, dan dekat dengan masyarakat.


(UDA)