Mobil Baru

Audi A5 and S5 Cabriolet Debut Model Atap Terbuka

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 07 Nov 2016 16:48 WIB
mobil baru
Audi A5 and S5 Cabriolet Debut Model Atap Terbuka
Audi A5 and S5 Cabriolet 2017. Autoguide

Metrotvnews.com: Mewah dan elegan. Itulah kesan yang diperlihatkan Audi A5 Cabriolet terbaru yang akan tiba di dealer Eropa pada Maret 2017. Konversi baru menjanjikan model ini lebih baik dibanding model sebelumnya.

Beberapa perubahan dianggap menjadikan A5 Cabriolet baru lebih baik dari saudara-saudara hardtop-nya. Kini, A5 Cabriolet menawarkan ruang kabin yang lebih luas, tidak bising, lebih efisien, dan bertenaga.

Berkat desain sasis baru, bobot mobil dapat dikurangi hingga 40 persen. Meski dirancang untuk menjadi lebih ringan, mobil tetap lebih kuat dari model sebelumnya. Berat mobil sekarang 90 pound lebih ringan, yakni di angka 1.689 kg. Dengan bobot seperti itu, Audi mengklaim A5 Cabriolet baru sebagai yang paling ringan di segmennya.

Meski lebih ringan, produsen mobil Jerman tersebut tidak mengurangi apalagi mengorbankan fitur kenyamanan dan keamanan. Adanya airbag di bagian kepala dan dada diyakini mampu memberikan perlindungan secara utuh. Termasuk memperluas profil aluminium yang menjaga dari yang squished.

Ada juga fitur keselamatan untuk menghindari tabrakan, turn assist, park assist, rear cross-traffic assist, dan sistem peringatan mencegah tabrakan di tempat pertama.

A5 Cabriolet baru 2 inci lebih panjang dari pendahulunya. Sehingga memberikan penumpang kabin yang lebih luas. Atap bisa dibuka-tutup dalam tempo 15 detik hanya dengan satu sentuhan tombol. Hal ini dapat dilakukan saat mobil berjalan dalam kecepatan 50 km per jam.

Rencananya, A5 Cabriolet baru akan ditawarkan di Jerman dengan tiga pilihan mesin, yaitu 2.0 liter TFSI empat silinder bertenaga 252 daya kuda, TDI 2.0L bertenaga 190 daya kuda, dan TDI 3.0L dengan tenaga 218 daya kuda. Selain itu, kemungkinan bakal ada mesin lain yang akan bergabung di lineup, yaitu mesin 2.0L TFSI bertenaga 190 daya kuda, dan 3.0L TDI bertenaga 286 daya kuda.

Masing-masing akan tersedia dengan pilihan transmisi manual enam kecepatan, tujuh kecepatan S tronic dual-clutch, dan transmisi delapan kecepatan. Tenaga akan disalurkan ke roda depan sebagai standar atau ke keempat roda sebagai opsional.

Sementara itu, S5 Cabriolet menawarkan mesin 3.0 liter TFSI turbocharged V6 bertenaga 354 daya kuda. Mesin baru membuat S5 bisa melesat dari 0-100 km per jam dalam 5,1 detik.

Kecepatan puncak dibatasi secara elektronik mencapai 248 km per jam. S5 standar dilengkapi dengan quattro all wheel drive dan transmisi tiptronic delapan kecepatan.

Suite Audi dari teknologi entertainment akan tersedia melalui sistem MMI dioperasikan melalui monitor 8,3 inci dengan DVD drive dan USB koneksi. Selain itu, dasbor digital juga akan tersedia.

A5 Cabriolet dibanderol dengan harga 49.350 Euro (sekitar Rp740 juta). Sedangkan S5 dibanderol seharga 67.800 Euro (sekitar Rp1 miliar).

 


(HIL)