Teknologi Otomotif

Mobil Otonom Uber Tabrak Penyeberang Jalan

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 20 Mar 2018 16:11 WIB
autonomous
Mobil Otonom Uber Tabrak Penyeberang Jalan
Mobil otonom Uber menabrak penyeberang jalan. Carscoops

Arizona: Operator ride sharing, Uber, menghentikan sementara pengoperasian mobil otonom mereka, usai mobil tanpa supir miliknya menabrak pesepeda di Tempe, Arizona, Amerika Serikat kemarin, waktu setempat.

Saat kejadian, mobil dalam kondisi sistem otonom aktif, sementara terdapat operator di balik kemudinya. Jika benar, baik sistem otonom maupun operator gagal mengantisipasi penyeberang jalan.

Korban yang merupakan seorang wanita bernama Elaine Herzberg sedang menuntun sepeda menyeberangi jalan itu tertabrak dan langsung dibawa menuju rumah sakit. Namun nyawanya tak tertolong dan korban meninggal disana.

"Kami ikut berduka terhadap keluarga korban. Kami akan membantu otoritas setempat untuk menginvestigasi kecelakaan ini," kata juru bicara Uber, seperti dituliskan AFP.

Fakta lain juga mengungkapkan kalau korban menyeberang jalan tidak pada zebra cross. Hal ini bisa jadi penyebab kenapa operator tak melihat korban dan tak bisa mengantisipasinya.

Uber saat ini sudah mengoperasikan dan mencoba mobil otonom miliknya dibeberapa kota di Amerika Serikat. Selain di Arizona, mobil otonom Uber sudah beroperasi di Pittsburgh, serta dalam tahap uji coba di San Fransisco dan Toronto, Kanada.


(UDA)