Kecelakaan Mobil

Toyota Fortuner Setya Novanto, Bukan SUV 'Kacangan'

Ekawan Raharja    •    Jumat, 17 Nov 2017 08:58 WIB
setya novantokecelakaan mobil
Toyota Fortuner Setya Novanto, Bukan SUV 'Kacangan'
Toyota Fortuner VNT 2012 yang digunaan Setya Novanto saat terjadinya kecelakaan. MTVN/Tri Kurniawan

Jakarta: Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, Setya Novanto, mengalami kecelakaan di kawasan Permata Hijau Jakarta Kamis (16/11/2017) malam. Pria yang diburu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini, diketahui mengalami kecelakaan saat mengendarai Toyota Fortuner.

Lantas bagimana fitur keamanan mobil yang ditumpangi Setya Novanto? Mengingat mobil yang ditumpanginya merupakan mobil dengan fitur keamanan cukup lengkap.

Menurut informasi yang diterima oleh tim Metrotvnews.com, mobil yang digunakan Setya Novanto adalah Toyota Fortuner VNT Diesel tahun 2012. Mobil ini bisa dibilang kondisi bekas karena pernah muncul di laman jual beli mobil di otosia.com.

Varian tertinggi Fortuner di kala itu sudah dibekali dengan fitur anti-lock braking system (ABS) dan dikombinasikan dengan electronic brake distribution (EBD). Fitur ini membuat ban tidak akan terkunci meski pedal rem di injak sepenuhnya di kecepatan tinggi. Efeknya pengemudi tidak akan kehilangan traksi di ban sehingga bisa membelokan mobil untuk menghindari objek di depannya.

Kemudian sudah pasti mobil bergaya SUV ini juga sudah dilengkapi dengan kantung udara untuk penumpang depan dan pengemudi (dual airbag). Kantung udara ini akan keluar ketika mobil mengalami tabrakan dengan syarat-syarat tertentu.

Bahkan untuk struktur mobilnya sudah dilengkapi dengan teknologi Global Outstanding Assesment (GOA) milik Toyota. Teknologi ini memungkinkan struktur mobil menyerap energi tabrakan, sehingga efeknya berkurang ketika sampai ke dalam kabin.

Lalu mengapa saat kejadian kecelakaan yang dialami Setya Novanto, airbag-nya tidak mengembang? tentu banyak spekulasi yang beredar di dalamnya. Tapi ini menarik, lantaran kondisi Setnov terlihat memar di kepala, sementara efek tabrakan tidak begitu keras. Jadi wajar banyak asumsi yang lahir bahwa ini sangat didramatisasi.

Melihat spesifikasi mesinnya, mobil ini sudah mengadopsi mesin diesel 2KD-FTV variable nozzle turbocharger (VNT) bertenaga 142 daya kuda dan torsi 343 Nm. Tenaga tersebut dusalurkan ke roda belakang melalui transmisi 4-percepatan otomatis atau 5-percepatan manual.


(UDA)