Industri Otomotif

Isuzu Siap Jika Diesel EURO 4 Berlaku 2021

Ekawan Raharja    •    Kamis, 07 Dec 2017 18:41 WIB
isuzu
Isuzu Siap Jika Diesel EURO 4 Berlaku 2021
Isuzu siap dengan regulasi emisi EURO 4 untuk mesin diesel. Youtube

Ungaran: Pemerintah berencana menaikan standar emisi gas buang kendaraan di Indonesia menjadi EURO 4. Isuzu sebagai salah satu produsen kendaraan di Indonesia mengaku siap, khususnya jika untuk mesin diesel berlaku mulai 2021.

General Manager Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Attias Asril, menyatakan kalau Isuzu Indonesia Siap. Hal ini mencakup kesiapan teknologi hingga tenaga mekanik untuk urusan purna jual.

Di jelaskan bahwa Isuzu Indonesia sudah menerapkan teknologi Common Rail di mesin diesel milik mereka. Teknologi ini sudah diterapkan di beberapa model Isuzu di Indonesia sejak 2011.

"Medium truk kita sudah menggunakan mesin itu dalam kurun waktu enam tahun dan sudah diterima dengan baik, serta mencapai 13 persen pangsa pasar di kelas medium truk," ujar Attias.

Kemudian para mekanik mereka juga sudah dibekali dengan teknologi berstandar EURO 4. Skillnya juga sudah terbukti di ajang kontes antar mekanik Isuzu antar negara.

Pemerintah sudah mencanangkan standar emisi gas buang EURO 4 melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017. Nantinya kendaraan bermesin bensin harus berstandar EURO 4 setidaknya sejak September 2018 dan kendaraan bermesin diesel efektif per 10 Maret 2021.


(UDA)