Mobil Listrik

MAB Serius Kembangkan Bus Listrik

M. Bagus Rachmanto    •    Sabtu, 24 Mar 2018 10:08 WIB
mobil listrik
MAB Serius Kembangkan Bus Listrik
Bus listrik prototipe kedua buatan PT. Mobil Anak Bangsa. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Jakarta: Isu lingkungan dan efisiensi konsumsi energi berdampak terhadap perkembangan industri otomotif dunia. Salah satunya adalah peralihan sumber tenaga penggerak kendaraan, dari mesin berbahan bakar konvensional ke tenaga listrik, baik mobil penumpang maupun komersial.

"Ke depan, teknologi otomotif dunia mengalami perubahan yang berorientasi kepada energi terbarukan. Salah satunya penggunaan teknologi baterai sebagai sumber tenaga mobil listrik murni," kata Direktur Teknik PT. Mobil Anak Bangsa (MAB), Bambang Tri Sasongko di pameran otomotif  International Bus & Truck Exhibition (IIBT) 2018, Jakarta, Jumat (23/3/2018).

MAB pun mewujudkan komitmen mereka dalam bentuk transportasi ramah lingkungan, yaitu membuat bus bertenaga listrik. Tujuan utamanya untuk menurunkan emisi kendaraan bermotor.  MAB juga optimis jika nantinya bus listrik buatannya bisa menjadi alat transportasi massal yang layak di negeri sendiri. 

Bambang mengatakan, dalam waktu yang tidak lama lagi bus listrik prototipe kedua itu bakal diujicoba sebagai alat angkut penumpang dari terminal (airside) ataupun antarterminal (landside) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Semoga pegembangan mobil listrik secara nasional dapat segera terwujud, mengingat hal ini bukanlah perkara mudah, sebab ada beberapa faktor lainnya yang menghambat tumbuhnya penggunaan mobil listrik.  Misalnya kesiapan insfrastruktur stasiun pengisian energi listrik yang masih belum tersedia. 

Masalah lainnya yang tak kalah penting adalah soal kesanggupan dalam memproduksi komponen baterai, sebagai sumber tenaga mobil listrik.


(UDA)