Tips Mobil

Tanda-Tanda Ban Mobil Minta Diganti

Ekawan Raharja    •    Selasa, 24 Oct 2017 17:00 WIB
tips mobil
Tanda-Tanda Ban Mobil Minta Diganti
Setidaknya ada lima ciri ban yang harus diganti. DOC MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Kondisi ban mobil wajib diperhatikan setiap saat. Bisa dibilang ban merupakan satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan jalanan. Agar aman, ban harus di jaga dan atau paling tidak dicek setiap saat.

Setidaknya lima kondisi ban yang harus diganti, di antaranya:

Kembangan Ban Sudah Habis
Kembang ban sudah rata dengan indikator TWI (tread wear indicator). Ini artinya tanda TWI ini sudah mulai bergesekan langsung dengan aspal, menandakan bahwa kembang ban tersebut sudah tipis atau bahkan sudah habis.

Adanya Benjolan di Permukaan Ban
Ada benjolan di ban, maka bagian yang benjol permukaannya lebih tipis dibandingkan dengan sisi lain. Jika dibiarkan dan terjadi gesekan secara terus menerus dengan aspal maka akan panas dan dapat pecah seketika.

Ban Mobil yang Retak
Hal ini kerap terjadi untuk ban yang usianya lebih dari empat tahun karena karetnya sudah mulai mengeras. Selain itu juga ban retak kerap terjadi di mobil yang tekanan bannya relatif terlalu rendah sehingga bagian tapak dan samping ban mudah retak.

Ban Lama yang Disimpan
Ban mobil yang sudah lama tidak dipakai, maksud dari lama di sini adalah usia penyimpanannya. Walaupun secara kembang tapaknya masih tebal namun karakter karet ban yang disimpan bertahun-tahun dapat mengeraskan karet ban tersebut.

Terlalu Banyak Tambalan
Jika ban mobil sudah banyak di tambal maka dapat mempengaruhi kondisi ban. Maksimal ban sudah mengalami empat kali di tambal, maka bisa menimbulkan kempes mendadak dan resiknya sama dengan pecah ban.

Nah sudah tahukan kondisi ban yang harus diganti. Silahkan diperiksa ban mobil anda sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


(UDA)