Paris Motor Show 2016

Lexus UX & Jok Anyamannya

Ahmad Garuda    •    Kamis, 13 Oct 2016 13:01 WIB
pameran mobil
Lexus UX & Jok Anyamannya
Lexus UX Consept Inspiration. (lexusentushiast.com)

Metrotvnews.com, Paris: Pada pertengahan '90-an, kehadiran Toyota Harrier menyadarkan dunia terhadap potensi premium SUV. Body bongsor nan modis aerodinamis dengan aneka fitur canggih, membuat SUV tak lagi 'salah kostum' ketika pengendaranya mengenakan tuxedo dan gaun malam.

Kini melalui Lexus UX Consept Inspiration yang diboyong ke Paris Motor Show 2016, pabrikan asal Jepang ini seakan menegaskan niat menjadi pelopor trend SUV masa depan. Bukan hanya desain body kompaknya yang agresif dan serba lancip, bahkan profil karet rodanya pun tak kalah futuristik.

Kinetic Seat Concept

Kejutan yang lebih besar ada di balik empat bilah pintunya yang terbuka secara unik. Di Indonesia model bukaan inside out seperti ini diperkenalkan oleh Mazda RX-8 dan Ford Ranger.  Termasuk dua jok di kabin belakang yang lumayan lapang untuk dua orang balita.



Di kabin depan, bucket seats pengemudi dan penumpang tampil out of the box. Ujudnya mengingatkan kursi taman yang pernah hits pada akhir era '80-an, yaitu ayaman. Jalinan sulur-sulur saling silang itu dianyam penuh perhitungan soal ergonomi demi meningkatkan menjaga  stabilitas tubuh saat Lexus UX bermanuver.



Memang benar keberadaan moonroof ukuran jumbo bukan hal baru. Bedanya pilar di sekelilingnya diperkuat sebagai bagian rangka monocoque sehingga mampu menjaga stabilitas kendaraan ketika meliuk-liuk dalam kecepatan tinggi.

Hologram

Jangan pula buru-buru protes bila tidak melihat perangkat penting semacam panel speedometer, headunit car entertainment system dan pengatur AC dan lain sebagainya. Lexus menyulap semuanya menjadi tampilan hologram yang hanya muncul ketika dibutuhkan.

"Sistem hologram interaktif ini sedang terus kami sempurnakan. Ya karena itu belum bisa dihadirkan di produk-produk Lexus terbaru dalam waktu dekat," ujar pihak Lexus dalam keterangannya yang dikutip The Verge.



Lalu di mana kaca spion kiri-kanan dan tengah? Semuanya diganti kamera yang ditayangkan dalam layar monitor kecil di sudut lingkar kemudi.

 


(LHE)