Komunitas Pencinta Ferrari Uji Coba Sirkuit Jalanan BSD

   •    Sabtu, 12 Aug 2017 23:34 WIB
klub mobil
Komunitas Pencinta Ferrari Uji Coba Sirkuit Jalanan BSD
Presiden Ferrari Owners Club Indonesia (FOCI), Hanan Supangkat (kiri) mengatur Ferrari yang akan menjajal Street Circuit BSD City. Foto: Istimewa

Metrotvnews.com, Jakarta: Komunitas pencinta Ferrari menguji coba Sirkuit Jalanan (Street Circuit) BSD City sepanjang tiga kilometer, Sabtu 12 Agustus 2017. Sirkuit ini rencananya digunakan untuk Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Mobil 2017.

"Kami menjadi klub pertama yang mencoba trek BSD. Kita melakukan track experience, bukan adu balap atau adu cepat," kata Presiden Ferrari Owners Club Indonesia (FOCI), Hanan Supangkat.

Hanan mengapresiasi dukungan yang diberikan pemerintah daerah yang sudah mempersiapkan sirkuit. Mengingat, selama ini Indonesia masih kekurangan trek balap.

Menurut Hanan, sirkuit jalanan BSD sudah sangat layak dipergunakan untuk kejuaraan balap. Aspal yang dipergunakan pun dinilai baik dan sudah memperhatikan faktor keamanan berkendara (safety riding) di sepanjang perlintasan.

"Secara fasilitas dan tantangan (sirkuit BSD) seperti yang ada di Singapura. Aspal jauh lebih bagus, cukup layak buat kejuaraan," ucapnya.

Baca: Hanan Supangkat Nahkoda Baru Ferrari Owners Club Indonesia

Dalam kesempatan itu, komunitas pecinta Ferrari juga memberikan kesempatan kepada 16 anak berprestasi pemenang olimpiade dan juara ujian nasional untuk ikut merasakan uji coba trek menggunakan Ferrari.

"Kita ajak keliling sebanyak empat trek. Kepada anak-anak kami mengingatkan bahwa Ferrari adalah simbol kesuksesan, bukan kesombongan," ucap Hanan.

Street Circuit BSD City Grand Prix memiliki panjang tiga kilometer dengan lebar trek lintasan 9,25 meter sampai 10,5 meter. Lintasan ini dilengkapi 12 tikungan.

Sirkuit ini bukanlah sirkuit permanen. Sirkuit ini didesain khusus untuk acara-acara tertentu. Di hari biasa, sirkuit tersebut digunakan untuk jalan umum.




(UWA)